Rawan Bencana, Wapres JK Minta ASN Pelajari Manajemen Krisis

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan aparatur sipil negara atau ASN perlu mempelajari manajemen krisis untuk menghadapai bencana
Lingga Sukatma Wiangga | 08 Oktober 2018 16:05 WIB
Pegawai Negeri Sipil - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan aparatur sipil negara atau ASN perlu mempelajari manajemen krisis untuk menghadapai bencana.

Hal itu dikatakan Jusuf Kalla atau JK saat memberikan pembekalan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I Angkatan XXXVIII dan XL di Istana Wakil Presiden RI, Senin (8/10).

Hal itu diungkapkan JK bukan tanpa alasan. Pemerintah harus berkaca pada bencana yang melanda negeri ini khusunya pasca gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Setelah bencana, aparat sipil sulit menjalankan roda pemerintahan karena tidak sedikit yang menjadi korban. Sehingga, penanganan pasca bencana banyak diambil alih TNI.

“Maksud saya adalah kita harus dari sekarang juga LAN [Lembaga Administrasi Negara] juga memberikan pelajaran tentang manajemen krisis. Apa yang terjadi, apa yang harus diperbuat saat terjadi krisis.  Leadership apa dalam kondisi krisis itu. Karena seperti yang saya katakan tadi justru dalam krisis itu, rakyat butuh kepemimpinan,” ujarnya.

Pemerintahan seolah-oleh menghilang di daerah bencana karena sistem yang terganggu.

Jika tidak mempelajari manajemen krisis dalam menghadapi bencana, hal itu menurutnya akan semakin menambah trauma.

Tag : Wapres JK, ASN
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top