Empat Gempa Beruntun Guncang NTT

Sebanyak empat gempa bumi secara beruntun mengguncang Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pagi ini, Selasa (2/10/2018).
John Andhi Oktaveri | 02 Oktober 2018 11:41 WIB
Ilustrasi gemoa - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak empat gempa bumi secara beruntun mengguncang Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pagi ini, Selasa (2/10/2018).

Gempa pertama dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada pukul 06.12 WIB dengan kekuatan 5,2 pada skala Richter (SR), 66 kilometer sebelah barat daya Sumba Timur, dengan kedalaman 10 kilometer.

Sedangkan, tiga gempa berikutnya terjadi dalam hitungan menit dengan kekuatan antara 5,3 SR hingga 6,3 SR. Gempa terkini berlangsung pada pukul 07.16 WIB dengan kekuatan 6,3 SR di lokasi yang sama. 

Keempat gempa tersebut, sebagaimana dilaporkan BMKG, tidak berpotensi tsunami, menurut BMKG dan sejumlah sumber media lainnya. 

Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengonfirmasi bahwa dampak gempa terasa kuat selama 3-5 detik.

"Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah dan bangunan. Siswa SD panik dan menangis, para guru meminta orang tua siswa untuk menjemput mereka," katanya.

Menurut Sutopo belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan. Adapun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih melakukan pemantauan dan pendataan.

Tag : bmkg, Gempa Palu
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top