Jokowi Tunjuk Menkopolhukam Jadi Koordinator Penanganan Bencana Sulteng

Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto untuk melakukan koordinasi atas penanganan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.
Annisa Margrit | 29 September 2018 10:55 WIB
Sejumlah pasien mendapat perawatan di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Undata, Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Perawatan di luar gedung rumah sakit tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan adanya gempa susulan. - ANTARA FOTO/HO/BNPB Sutopo Purwo Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto untuk melakukan koordinasi atas penanganan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.
 
Melalui akun Instagram resminya, Sabtu (29/9/2018), Jokowi mengungkapkan dirinya langsung menghubungi Gubernur Sulawesi Tengah melalui telepon setelah mendapat kabar gempa di Donggala. Namun, upaya tersebut gagal karena sambungan komunikasi ke daerah itu terganggu. 
 
Kepala Negara lalu mendapat informasi dari Kepala Badang Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
 

View this post on Instagram

Sesaat setelah mendapat kabar terjadinya gempa bumi di Donggala, Kota Palu, dan sekitarnya, kemarin sore, saya menghubungi Gubernur Sulawesi Tengah melalui telepon. Tapi gagal. Sambungan komunikasi ke Palu terganggu. Informasi saya terima dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, meskipun belum semuanya. Saya sudah memerintahkan Menkopolhukam untuk mengkoordinasikan jajarannya, BNPB, dan TNI untuk melakukan penanganan darurat atas peristiwa ini: melakukan pencarian korban, evakuasi, dan menyiapkan kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan, selekas mungkin. Sejak semalam, mereka sudah menuju lokasi terdampak gempa dan tsunami. Semoga hari ini kita sudah mendapatkan informasi yang lebih rinci mengenai kondisi di lapangan. Saya dan kita semua, ikut berduka cita atas jatuhnya korban setelah terjadinya gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah ini. Seluruh masyarakat terutama yang berada di Donggala, Palu, dan sekitarnya agar tetap tenang tetapi juga tetap waspada. Kita berdoa kepada Allah SWT, agar musibah ini dapat kita lalui dan dampaknya kita selesaikan bersama.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

"Saya sudah memerintahkan Menkopolhukam untuk mengoordinasikan jajarannya, BNPB, dan TNI untuk melakukan penanganan darurat atas peristiwa ini: melakukan pencarian korban, evakuasi, dan menyiapkan kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan, selekas mungkin," terang Jokowi.
 
Dia berharap informasi lebih rinci tentang kondisi di lapangan sudah dapat diterima. 
 
"Saya dan kita semua, ikut berduka cita atas jatuhnya korban setelah terjadinya gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah ini. Seluruh masyarakat terutama yang berada di Donggala, Palu, dan sekitarnya agar tetap tenang tetapi juga tetap waspada," tutur Jokowi.
 
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah berangkat menuju Palu dan Donggala pada pagi ini, demikian juga Kepala BNPB Willem Rampangilei. TNI pun sudah mulai mengirim bantuan menggunakan pesawat Hercules

Tag : jokowi, bencana alam
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top