Hadir di Sidang PBB, Grup K-Pop BTS Sampaikan Pentingnya Keterlibatan Generasi Muda

Dalam Sidang Umum Tahunan PBB 2018 di New York, AS, Senin (24/9/2018) waktu setempat, BTS turut hadir dan menyampaikan pandangan mereka tentang isu generasi muda di seluruh dunia terutama tentang keterlibatan anak muda dalam solusi atas berbagai masalah sosial dan ekonomi.
Annisa Margrit | 25 September 2018 09:36 WIB
BTS menghadiri Youth Strategy Conference dalam rangkaian Sidang Umum Tahunan PBB di markas PBB di New York, AS, Senin (24/9). - Reuters/Caitlin Ochs

Bisnis.com, JAKARTA -- Kepopuleran boyband asal Korea Selatan, BTS, rupanya sudah sampai ke PBB. 
 
Dalam Sidang Umum Tahunan PBB 2018 di New York, AS, Senin (24/9/2018) waktu setempat, BTS turut hadir dan menyampaikan pandangan mereka tentang isu generasi muda di seluruh dunia terutama tentang keterlibatan anak muda dalam solusi atas berbagai masalah sosial dan ekonomi.
 
"Saya ingin mendengar suara Anda, saya ingin mendengar pendapat Anda. Tidak masalah dari mana Anda berasal, warna kulit, gender, bicaralah. Sampaikan suara kalian," ujar Kim Namjoon, leader BTS, dalam pidatonya seperti dilansir Reuters, Selasa (25/9).
 
Ini merupakan kali pertama grup K-Pop berbicara dalam Sidang Umum Tahunan PBB. 
 
BTS, yang awalnya merupakan singkatan dari Bangtan Sonyeondan dan juga dikenal sebagai Bangtan Boys, akan membantu mengampanyekan program UNICEF yang bertajuk "Generation Unlimited". Kampanye ini mengangkat isu-isu yang dihadapi generasi muda di seluruh dunia dan bagaimana cara untuk mengatasinya.
 
Program tersebut akan meningkatkan akses pendidikan, pelatihan, atau lapangan kerja bagi generasi muda pada 2030. Langkah ini dinilai penting karena populasi dunia terus bertambah dan jika tidak ditangani dengan komprehensif maka akan berpengaruh terhadap perkembangan dunia di masa depan.
 
UNICEF memperkirakan populasi remaja dan anak-anak muda secara global akan mencapai 2 miliar orang pada 2030.
 
Adapun Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyampaikan masa depan dunia berada di tangan generasi muda sekarang.
 
"Pertumbuhan yang berkelanjutan, Hak Asasi Manusia (HAM), perdamaian dan keamanan hanya bisa dicapai jika kita mendukung anak-anak muda sebagai pemimpin dan memfasilitasi mereka untuk mengeluarkan seluruh potensinya," paparnya.
 
BTS dibentuk pada 2013 dan sudah memiliki sederet prestasi termasuk menjadi grup K-Pop pertama yang merajai chart album Billboard 200 lewat album "Love Yourself: Her:", "Love Yourself: Tear", dan "Love Yourself: Answer". Album-album ini dirilis pada 2017 dan 2018.
 
Grup yang beranggotakan tujuh orang ini juga memuncaki Korea Power Celebrity 2018 dari Forbes, yang mengumpulkan selebriti paling berpengaruh di Negeri Ginseng.

Namun, popularitas mereka tidak diraih dengan mudah karena dalam beberapa tahun pertama karier mereka, BTS justru tidak banyak dikenal di Korea Selatan. Nama mereka baru mulai mendapat perhatian serius setidaknya dalam tiga tahun terakhir.
 

Sumber : Reuters

Tag : pbb, Kpop
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top