Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TKN Jokowi-Ma'ruf: Kampanye Damai Perlu Didukung Paslon dan Tim Kampanye

Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin menyatakan ada sejumlah faktor yang diperlukan dalam implementasi deklarasi damai.
Hasto Kristiyanto/BISNIS-Muhammad Ridwan
Hasto Kristiyanto/BISNIS-Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin menyatakan ada sejumlah faktor yang diperlukan dalam implementasi deklarasi damai.

Disiplin, etika, dan konsistensi antara apa yang dikatakan dengan apa yang dilakukan seperti digariskan oleh Paslon dan tim kampanye merupakan hal mendasar bagi terwujudnya kampanye damai.

Hasto Kristiyanto, Sekretaris Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin, dalam pernyataan tertulisnya menegaskan bahwa deklarasi kampanye damai  tidak boleh menjadi sia-siakan karena adanya godaan kekuasaan.

"Tim Kampanye Jokowi-Kyai Ma’ruf Amin sesuai dengan spirit to be the number one bertekad menjadikan Deklarasi Kampanye Damai sebagai landasan yang mengikat dan basis kebijakan pemenangan pemilu," ujar Hasto dalam keterangan tertulis, diterima Minggu (23/9/2018).

 “Gagasan terbaik untuk Indonesia Raya, untuk menyelesaikan masalah rakyat, dan untuk hadir sebagai bangsa pemenang, diperoleh melalui dialog, kolaborasi seluruh energi positif, bukan melalui hujatan, bukan melalui hoax yang menguras energi persatuan bangsa. Itulah yang menjadi landasan kampanye damai, ” lanjut Hasto.

Ia menegaskan bahwa energi kebangkitan, energi kemajuan bagi Indonesia Raya, akan muncul dalam suasana yang positif dan sejuk.

Menurut Hasto, kampanye damai hanya efektif apabila didukung oleh disiplin, etika, satunya kata dan perbuatan yang digariskan oleh Paslon dan tim kampanyenya.

“Dengan demikian sekiranya tetap ada kampanye hitam, hoax dan fitnah, maka hal tersebut sama saja dengan merobek-robek deklarasi damai. Tindakan indisipliner tersebut bisa menjadi cermin kegagalan paslon dan tim kampanye,” ujar Hasto.

Ia menegaskan bahwa deklarasi kampanye damai itu bukan kegiatan seremonial dan harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

Hasto menambahkan, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin sejak awal menegaskan bahwa Indonesia dibangun dengan gagasan positif.

Ditambahkan pula bahwa tim kampanye Jokowi-Ma'ruf dilarang berbicara negatif tentang Prabowo-Sandi. "Sebab, pemikiran dan tindakan negatif, hanya menghasilkan efek destruktif bagi masa depan bangsa. Hoax adalah racun peradaban bangsa dan mematikan alam pikir demokrasi Pancasila.”

Pada akhir pernyataannya Hasto menyebutkan TKN menugaskan direktur hukum dan advokasi untuk menegakkan disiplin bagi seluruh tim kampanye Paslon 01.

"Hal ini penting, karena deklarasi damai tidak boleh disia-siakan oleh ambisi atau godaan kekuasaan semata," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper