Gubernur Baru NTB Pastikan Rehabilitasi Gempa Berjalan Lancar

Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah, berkomitmen untuk melanjutkan proses rehabilitasi gempa di provinsi tersebut yang saat ini sudah berjalan.
Amanda Kusumawardhani | 19 September 2018 14:08 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) terpilih Zulkifliemansyah (kiri) dan Wakil Gubernur terpilih Sitti Rohmi Djalilah (kanan) mengikuti prosesi kirab di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/9/2018)./ANTARA FOTO - Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA -- Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah, berkomitmen untuk melanjutkan proses rehabilitasi gempa di provinsi tersebut yang saat ini sudah berjalan.

"Sebagai gubernur baru di NTB, tentu kami menghadapi tugas yang tidak mudah. Prioritas utama kami, memastikan proses rehabilitasi dan rekonstruksi berjalan dengan lancar," kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah seusai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Dia menambahkan pihaknya akan melakukan koordinasi intensif dengan sejumlah kepala daerah yang wilayahnya mengalami kerusakan cukup parah akibat gempa bumi, antara lain Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, dan Pulau Sumbawa.

Ketika disinggung mengenai lambatnya pencairan dana bantuan, Zulkieflimansyah menjelaskan pencairan tersebut memang harus melalui sejumlah tahapan untuk menjamin akuntabilitas.

"Melalui Kementerian Keuangan, sekitar Rp300 miliar itu sudah cair ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Besok, insyaallah kami akan bertemu Menteri Keuangan untuk mengecek itu. Mudah-mudahan pencairan dana, akuntabilitasnya dijaga, jangan sampai bermasalah di kemudian hari," ujarnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB menyatakan akan bergerak cepat untuk mencairkan dana guna membangun fasilitas umum yang rusak karena tak lama lagi Indonesia akan dilanda musim hujan. Kondisi cuaca seperti itu bakal menjadi tantangan tersendiri bagi warga yang mengungsi.

Tag : ntb, gempa lombok
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top