CPNS 2018: Jika Gagal Buka Portal SSCN, Lakukan Hal ini

Mengingat pendaftaran dilakukan secara online melalui satu-satunya portal resmi pendaftaran Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN), https://sscn.bkn.go.id, berdasarkan pengalamanan pada pendaftaran CPNS 2017, seringkali para pelamar menemukan kendala tidak bisa membuka aplikasi SSCN tersebut.
Yusran Yunus | 18 September 2018 05:51 WIB
Ilustrasi - bkn

Bisnis.com, JAKARTA - Waktu pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun pengadaan 2018 sudah akan dimulai pada esok hari Rabu 19 September 2018. Para pelamar yang akan memulai pendaftaran, sudah harus menyiapkan segala dokumen yang dipersyaratkan.

Mengingat pendaftaran dilakukan secara online melalui satu-satunya portal resmi pendaftaran Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN), https://sscn.bkn.go.id, berdasarkan pengalamanan pada pendaftaran CPNS 2017, seringkali para pelamar menemukan kendala tidak bisa membuka aplikasi SSCN tersebut.

Nah, jika mendapati kendala tersebut, apa yang harus dilakukan para pelamar? Caranya mudah: silakan berpindah lokasi dan cari koneksi internet yang andal.

Selain kendala tersebut, ada sejumlah kendala yang seringkali dihadapi oleh para pelamar. Diantaranya password SSCN tidak bisa dipergunakan, nama yang tertera pada kartu tanda penduduk (KTP) tidak sesuai dengan yang tertera pada aplikasi SSCN, detail informasi tentang surat keterangan domisili, salah melakukan unggah berkas/dokumen pada aplikasi SSCN.

Jika menghadapi kendala-kendala tersebut, para pelamar dapat melakukan hal berikut ini:

Password tidak bisa digunakan
Solusi: Silakan melakukan perubahan password melalui fitur yang telah disediakan.

Nama yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) tidak sesuai dengan yang tertera pada aplikasi SSCN
Solusi: Silakan memperbaiki data ke Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.
Call Center: Halo Dukcapil, (021) 1 500 537, (Wa/sms/Telepon) 0811 800 5373.

Detail informasi tentang surat keterangan domisili
Solusi: Mohon dibaca persyaratan penerimaan CPNS dari instansi masing-masing.

Salah melakukan unggah berkas/dokumen pada aplikasi SSCN
Solusi: Berkas/Dokumen yang sudah diunggah, tidak dapat diperbaiki. Mohon lebih berhati-hati.

Badan Kepegawaian Negara memperkirakan jumlah pengakses portal pendaftaran CPNS 2018, https://sscn.bkn.go.id pada masa pendaftaran yang akan dimulai pada Kamis 19 September mendatang, bakal mencapai 5-6 juta.

Pihak BKN menyatakan portal sscn.bkn.go.id akan diaktifkan setelah semua Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) memasukkan formasi dan persyaratan pelamaran. Proses tersebut diperkirakan akan memakan waktu sampai dengan 18 September 2018.

Dalam pernyataan resminya yang diterima Bisnis, beberapa hari lalu, Kepala BKN Bima Haria Wibisana selaku Ketua Panitia Pelaksana Seleksi Nasional CPNS mengatakan sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id.

Total formasi yang tersedia untuk diperebutkan oleh pelamar berjumlah 238.015 yang terdiri dari 51.271 Instansi Pusat (76 Kementerian/lembaga) dan 186.744 (525 Instansi Daerah).





Tag : pns, cpns
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top