KABAR GLOBAL 24 AGUSTUS: Upaya China Bendung Tekanan, Aramco Tunggu Rencana Akuisisi Tuntas

Sejumlah berita dari mananegara menjadi sorotan utama media massa hari ini, Jumat (24/8/2018), di antaranya mengenai upaya China untuk membendung tekanan ekonomi serta perkembangan rencana IPO Saudi Aramco.
Aprianto Cahyo Nugroho | 24 Agustus 2018 09:12 WIB
Saudi Aramco - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah berita dari mananegara menjadi sorotan utama media massa hari ini, Jumat (24/8/2018), di antaranya mengenai upaya China untuk membendung tekanan ekonomi serta perkembangan rencana IPO Saudi Aramco.

Berikut ringkasan topik utama di sejumlah media nasional:

Upaya China Bendung Tekanan. Di tengah meningkatnya tensi dagang dengan AS yang akhirnya menekan perekonomian Negeri Panda, Pemerintah China pun melakukan berbagai cara untuk menahan laju perlambatan ekonomi domestik. (Bisnis Indonesia)

Aramco Tunggu Rencana Akuisisi Tuntas. Arab Saudi menegaskan rencana penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) Saudi Aramco tetap akan dilakukan. (Bisnis Indonesia)

Huawei Dilarang Pasok ke Australia. Australia melarang perusahaan telekomunikasi asal China, Huawei Technologies Co. Ltd., untuk memasok perangkat jaringan selular 5G. Pasalnya, Australia menilai keikutsertaan asing dapat berisiko terhadap keamanan nasional. (Bisnis Indonesia)

Bank Dunia Siap Rilis 100 Juta AUD. Bank Dunia akan menerbitkan obligasi publik pertama yang dikelola menggunakan teknologi blockchain sebesar 100 juta dolar Australia atau US$73,16 juta pada 28 Agustus 2018. (Bisnis Indonesia)

Venezuela Lumpuh. Keputusan Pemerintah Venezuela memangkas nilai mata uang kertas bolivar (Bs) membuat perekonomian negara itu berantakan. Ribuan bisnis tutup sehingga banyak pekerja hanya berdiam di rumah setelah kebijakan itu berlaku awal pekan ini. (Kontan)

Trump Kenakan Pajak 25% Mobil Uni Eropa. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menegaskan kembali bakal mengenakan tarif pajak 25% untuk mobil yang berasal dari Uni Eropa. "Kami akan mengenakan pajak 25% pada setiap mobil yang masuk ke AS dari Uni Eropa," ujar Trump saat melakukan kampanye di West Virginia. (Kontan)

UE Salurkan Bantuan 18 Juta untuk Iran. Uni Eropa (UE) menyetujui dana bantuan untuk Iran senilai 18 juta atau sekitar US$ 20,6 juta. Dana ini termasuk mengalir ke sektor swasta guna membantu mengimbangi dampak sanksi dari Amerika Serikat (AS) dan sebagai bagian kesepakatan Iran yang berusaha membatasi ambisi nuklir. (Kontan)

Penjualan Ritel Inggris Meningkat. Pertumbuhan penjualan ritel Inggris meningkat secara tidak terduga pada bulan Agustus 2018. Tetapi sebuah survei yang dirilis Kamis (23/8) menunjukkan, rantai toko besar mengantisipasi penurunan tajam dalam pekerjaan di bulan depan. (Kontan)

Tag : kabar global
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top