Survei: Terkait Pandangan Ideal Negara, Pemilih Muslim Lebih Dukung Jokowi-Ma'ruf

Dibanding pasangan Prabowo-Sandi, pasangan Jokowi-Ma’ruf meraih suara telak pemilih Muslim pada segmen tipe ideal negara .
Muhammad Ridwan | 24 Agustus 2018 18:15 WIB
Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ilham Oetama Marsis menyerahkan surat tanda selesai pemeriksaan kepada Presiden Joko Widodo di RSPAD Gatot Soebroto, Minggu (12/8/2018) - Bisnis/Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan Jokowi-Ma’ruf dalam hasil survei yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia Denny JA unggul telak dalam meraih suara pemilih Muslim.

Dibanding pasangan Prabowo-Sandi, pasangan Jokowi-Ma’ruf meraih suara telak pemilih Muslim pada segmen tipe ideal negara .

Pada masyarakat yang memiliki tipe negara ideal dengan kategori Indonesia harus khas Pancasila (Demokrasi Pancasila) yang memiliki basis suara sebesar 75,7%, Jokowi-Ma’ruf mendapatkan 54,2% suara. Prabowo-Sandi mendapatkan 30,2%. Namun, masih ada 15,4% suara yang belum menentukan pilihan.

Pada kategori Indonesia harus seperti dunia Timur Tengah (negara Islam Timur Tengah) dengan basis suara 12,1%, pasangan Jokowi-Ma’ruf juga unggul dengan perolehan suara 43,5%. Pasangan Prabowo-Sandi memperoleh 38,8% suara. Sebanyak 17,7% masih belum memilih.

Sementara itu untuk kategori Indonesia harus seperti dunia barat (Demokrasi Liberal) dengan basis suara 2,5%, Pasangan Jokowi-Ma’ruf meraih 48% suara. Kubu Prabowo-Sandi mendapatkan 16% suara. Sementara itu yang belum memutuskan sebanyak 36% responden.

Kategori  yang masih menjadi peluang terbuka bagi kedua pasangan adalah masyarakat yang belum tahu atau tidak menjawab dengan basis suara 9,7%.

Lingkaran Survei Indonesia Denny JA melakukan surveri sejak 12 Agustus sampai 19 Agustus melalui face to face interview menggunakan kuesioner. Survei menggunakan metode multi stage random sampling dengan 1.200  responden dan margin of error ±2,9 %. Survei dilakukan di 33 provinsi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
survei, Pilpres 2019

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top