Survei: Pemilih Muslim Puas Atas Kinerja Presiden Jokowi

Pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dalam beberapa survei Lingkaran Survei Indonesia Denny JA mampu mengungguli perolehan suara pada pemilih Muslim dibandingkan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.
Muhammad Ridwan | 24 Agustus 2018 17:25 WIB
Survei kepuasan umat Islam terhadap kinerja presiden - Bisnis/M. Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dalam beberapa survei Lingkaran Survei Indonesia Denny JA mampu mengungguli perolehan suara pada pemilih Muslim dibandingkan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.

Menurut Peneliti Lingkaran Survei Indonesia Denny JA, Rully Akbar mengatakan bahwa terdapat beberapa faktor yang membuat pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul.

Salah satunya adalah pemilih Muslim puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo selama ini. Dari hasil survei, 7,4% umat Muslim atau pemilih Muslim sangat puas dengan kinerja Presiden.

Umat Muslim yang menjawab cukup puas dengan kinerja Presiden menduduki tingkat paling tinggi dengan jumlah 67,6%.

Hasil survei juga menunjukan jumlah umat Muslim yang menjawab tidak puas dengan kinerja Presiden dengan persentase sebesar 19,9% diikuti yang menjawab sangat tidak puas 1,6%, dan umat Muslim yang belum tahu sebesar 3,5%.

Dengan hasil tersebut maka pasangan Jokowi-Ma’ruf mampu mendulang suara dari umat Muslim atau pemilih Muslim.

Sebelumnya pada Selasa (21/8/2018), Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasi survei, menurut Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfarabi dari data 89,9% segmen pemilih muslim, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh suara 52,7% sedangkan Prabowo-Sandi 27,9%. Sementara itu yang belum menentukan pilihan 19,4%.

"Jokowi-Ma'ruf Amin menang dua digit di pemilih Muslim yang merupakan polulasi pemililih terbesar," kata Adjie Alfarabi di kantor LSI Denny J.A, Jakarta Timur, Selasa (21/8/2018).

Tag : Pilpres 2019, survei
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top