Rayakan Ultah ke-87, Ciputra Berbagi Resep Panjang Umur 5D

Memasuki Usia 87, Ini Resep Ciputra Panjang Umur
Eva Rianti | 24 Agustus 2018 11:54 WIB
Ciputra, Pendiri Ciputra Group menyampaikan sambutan pada acara Artpreneur Talk 2018 yang mengangkat tema Converting Millenial Into Brand Lovers di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Rabu (14/2). - JIBI/Dedi Gunawan
Bisnis.com, JAKARTA - Founder Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group, Dr. (HC) Ir. Ciputra memasuki usia ke-87 pada Jumat (24/8/2018). 
 
Lelaki kelahiran Sulawesi Tengah itu ternyata memiliki resep khusus dalam menjaga kesehatan dirinya agar panjang umur. 
 
Resep tersebut terangkum dalam prinsip "5D" yakni doa kepada Tuhan, dokter yang ahli, disiplin hidup, diet teratur, dan dana atau uang. 
 
"Doa merupakan bentuk syukur dan pengharapan kepada Tuhan. Jika Tuhan menghendaki seseorang berumur panjang, maka terjadilah hal itu kepadanya," tutur Ciputra dalam keterangan rilis yang diterima Bisnis di Jakarta, Jumat (24/8/2018). 
 
Di samping itu, dokter ahli juga diperlukan agar seseorang mengetahui dengan benar bagaimana kondisi kesehatannya. 
 
Adapun, prinsip ketiga berupa disiplin hidup, Ciputra menjelaskan pentingnya kedisiplinan dalam hidup karena pola hidup disiplin berkolerasi dengan tingkat kesehatan. Misalnya, disiplin olahraga. 
 
Ciputra juga senantiasa menjaga pola diet yang teratur, kaitannya dengan asupan makanan. Prinsip yang terakhir, yakni dana atau uang. Menurutnya, uang bukanlah segala-galanya, namun sangat diperlukan untuk menunjang sebuah pola hidup yang sehat. 
 
Kendati usianya terbilang cukup tua, Ciputra bisa dibilang berjiwa muda karena tekadnya untuk berkontribusi bagi bangsa ini terus terpatri kuat dalam dirinya. 
 
"Di usia ke-87 yang tentunya bukanlah usia muda lagi, saya masih punya mimpi, harapan, dan tekad kuat untuk berkontrobusi lebih kepada keluarga, masyarakat, dan bangsa Indonesia tercinta ini," tuturnya. 
 
Tag : ciputra
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top