Survei DMI: Setiap Hari Ada 1 dari 3 Pemuda Datang Beribadah ke Masjid

Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia melalui Departemen Kaderisasi Pemuda PP DMI menemukan fakta bahwa sebanyak 33,6% pemuda Indonesia beribadah di Masjid setiap hari.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 27 Juli 2018 19:32 WIB
Danial Iskandar - Bisnis.com/Faiza

Bisnis.com, JAKARTA--Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia melalui Departemen Kaderisasi Pemuda PP DMI menemukan fakta bahwa sebanyak 33,6% pemuda Indonesia beribadah di Masjid setiap hari.

"Beberapa temuan yang menarik diantaranya sebanyak 33,6% responden mengaku selalu datang beribadah di Masjid setiap hari. Sisanya 66,4% responden tidak datang setiap hari," ungkap Danial Iskandar, peneliti dari Merial Institute saat menyampaikan Survei Persepsi dan Aspirasi Generasi Muda Terhadap Masjid, di Kantor PP DMI, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (27/7).

Artinya jika disimpulkan dari proyeksi data BPS pada 2017 jumlah populasi pemuda Indonesia mencapai hampir 64 juta jiwa maka setiap harinya 1 dari 3 Pemuda Muslim Indonesia menyempatkan dirinya untuk selalu beribadah di Masjid.

Data itu juga menyebutkan bahwa 33,2% responden yang menganggap bahwa pengelolaan Masjid saat ini telah mewakili aspirasi muda. Sedangkan 66,8% lainnya merasa Masjid belum mewakili aspirasi muda.

"Mereka merasa perlu variasi kegiatan dan perbaikan dalam dalam pengelolaan fasilitas di Masjid," tutur Danial.

Perbaikan yang diharapkan seperti kegiatan kewirausahaan, kegiatan pemuda masjid yang lebih moderat dan masjid yang infrastrukturnya ramah untuk anak-anak.

Selain itu, sebanyak 74,5% responden menganggap bahwa akun media sosial dan website penting untuk menjadi sarana publikasi kegiatan masjid.

Data Survei ini didapatkan oleh Departemen Kaderisasi Pemuda PP DMI bekerjasama dengan Merial Institute. Survei dilaksanakan selama 5 hari mulai 17-21 Juli 2018 dan mendapatkan 888 responden yang berdomisili di 12 Kota Besar Indonesia yakni; Kota Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, Bogor, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Medan dan Palembang.

Pengumpulan data menggunakan pengisian kuesioner pada platform online Google Forms. Responden yang terhimpun adalah warga negara Indonesia beragama Islam berusia 16-30 tahun sesuai dengan Undang-undang No.40 tahun 2009 tentang kepemudaan.

Tag : masjid, pemuda
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top