Ini Alasan TGB Dukung Jokowi di Pilpres 2019

Politisi Partai Demokrat Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Badjang (TGB) TGB mengakui meski bersifat pribadi, namun dukungannya kepada Presiden Jokowi lantaran melihat kinerja mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut selama empat tahun kepemimpinannya.
John Andhi Oktaveri | 08 Juli 2018 15:39 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Gubernur NTB, TGB Zainul Majdi (tengah) berziarah ke makam Pahlawan Nasional Maulana Syekh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid di Ponpes NW Pancor, Lombok Timur, NTB, Kamis (23/11). - ANTARA/Ahmad Subaidi

Bisnis.com, JAKARTA--Politisi Partai Demokrat Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Badjang (TGB) TGB mengakui meski bersifat pribadi, namun dukungannya kepada Presiden Jokowi lantaran melihat kinerja mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut selama empat tahun kepemimpinannya.

Menurutnya, walaupun masih ada kekurangan dan catatan, TGB menganggap Jokowi telah melakukan kerja konkret dan memberi perhatian terhadap Indonesia wilayah timur. Namun, TGB enggan berspekulasi dukungannya pada Jokowi bisa membawa suara warga NTB ke Jokowi di Pilpres 2019.

TGB adalah Gubernur NTB selama dua periode. Pada Pilkada kemarin kakak kandungnya, Siti Rohmi Jalilah memenangkan Pilgub sebagai calon wakil gubernur berpasangan dengan kader PKS Zulkieflimansyah.

"Ini sikap saya pribadi dan ajakan untuk kita melihat segala sesuatu secara proporsional," katanya kepada wartawan, Minggu (8/7).

Dia menyatakan dukungan kepada Jokowi dilakukan setelah melalui pertimbangan yang berkaitan dengan kemaslahatan bangsa, umat, dan akal sehat.

Hanya saja dia mengakui jika dirinya belum berkomunikasi dengan partainya terkait keputusan untuk mendukung Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019.

"Saya belum bicara ke partai karena memang ini sikap pribadi saya," kata TGB.
Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Agus Hermanto menyatakan bahwa dukungan dari TGB untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Capres 2019 merupakan pendapat pribadi.

"Apa yang disampaikan Pak TGB tentunya merupakan pendapat pribadi. Karena kalau pendapat dari partai yang menyampaikannya dari DPP," ujar Agus di Kompleks Parlemen. Dia menilai dukungan itu merupakan hal bisa.

Kendati demikian, Wakil Ketua DPR itu menghormati pendapat TGB sebagai kader Partai Demokrat dengan mendukung Jokowi. Sebab, anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat bisa turut serta mengambil keputusan.

"Tentunya anggota Majelis Tinggi semuanya mempunyai hak, semuanya mempunyai pendapat dan tentunya semuanya diputuskan di dalam rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat, tidak disampaikan sendiri-sendiri," ujar Agus.

TGB sendiri merupakan salah satu anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat.
Nama TGB sudah sejak lama digadang-gadang oleh kader Partai Demokrat sebagai salah satu pemimpin masa depan.

Akan tetapi, nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kini menjadi pilihan utama Partai Demokrat untuk diajukan sebagai calon presiden atau calon wakil presiden.

Tag : jokowi
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top