PILKADA BANYUMAS 2018: Raih 56 Persen Suara, Achmad Husein/Sadewo Tri Lastiono Resmi Menang

Pasangan Achmad Husein/Sadewo Tri Lastiono memenangi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas Tahun 2018 dengan perolehan suara 55,79 persen, sedangkan pasangan Mardjoko/Ifan Haryanto meraih 44,21 persen suara.
Newswire | 06 Juli 2018 15:35 WIB
Hasil rekapitulasi final Pilkada Banyumas 2018 oleh KPU Kabupaten Banyumas, Jumat (6/7 - 2018).Foto: akun twitter @KPUBanyumas

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan Achmad Husein/Sadewo Tri Lastiono memenangi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas Tahun 2018 dengan perolehan suara 55,79 persen, sedangkan pasangan Mardjoko/Ifan Haryanto meraih 44,21 persen suara.

Sementara itu, untuk Pemilihan Gubernur Jawa Tengah, pasangan Ganjar Pranowo/Taj Yasin unggul di Kabuapten Banyumas dengan meraih 58,8 persen suara, sedangkan pasangan Sudirman Said/Ida Fauziyah meraih 41,2 persen suara.  

Unggul Warsiadi, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas, mengatakan proses rekapitulasi perolehan suara yang digelar pada hari Kamis (5/7) hingga Jumat (6/7) dini hari berlangsung kondusif karena hasil yang diperoleh tidak beda jauh dengan angka yang beredar di luar berdasarkan penghitungan yang dilakukan oleh pihak-pihak lain.


"Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara yang digelar pada hari Kamis (5/7) hingga tengah malam tadi, pasangan nomor urut 2 Achmad Husein/Sadewo Tri Lastiono berhasil memperoleh 515.329 suara atau 55,79 persen," katanya di Purwokerto hari ini Jumat (6/7/2018) seperti dilaporkan Antara.

Sementara pasangan nomor urut 1 Mardjoko/Ifan Haryanto, kata dia, memperoleh 408.297 suara atau 44,21 persen.

Unggul menambahkan berdasarkan rekapitulasi tersebut diketahui jumlah suara sah sebanyak 923.626 suara, sedangkan suara tidak sah sebanyak 53.886 suara.

Menurut dia, jumlah pemilih berdasarkan daftar pemilih tetap, daftar pemilih pindahan, dan daftar pemilih tambahan sebanyak 1.314.312 orang.

"Dari jumlah tersebut diketahui bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilbup Banyumas 2018 mencapai 74,73 persen atau meningkat sekitar 5 persen dari Pilbup Banyumas 2013 yang sebesa 69 persen," katanya.

Terkait dengan hasil rekapitulasi final tersebut, Unggul mempersilakan masing-masing pasangan calon untuk mengajukan gugatan kepada Mahkamah Konstitusi jika merasa keberatan atas hasil perolehan suara tersebut.

Batas waktu pengajuan gugatan ke Mahkamah Konstitusi maksimal tiga hari sejak penetapan perolehan suara, berarti paling lambat hari Senin (9/7). Kalau melihat situasi politik di Banyumas, kemungkinan tidak ada yang mengajukan gugatan," katanya.

Ia mengatakan jika hingga sampai hari Senin (9/7/2018) tidak ada yang mengajukan gugatan, pihaknya tinggal menunggu salinan registrasi perkara dari Mahkamah Konstitusi yang akan disampaikan pada tanggal 23 Juli 2013.

Jika Pilbup Banyumas termasuk kategori tidak ada gugatan, kata dia, pihaknya dalam waktu tiga hari setelah menerima salinan tersebut akan melaksanakan penetapan pasangan calon terpilih.

Seperti diketahui, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas yang digelar pada tanggal 27 Juni 2018 berbarengan dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah diikuti dua pasangan calon, yakni pasangan Mardjoko/Ifan Haryanto dengan nomor urut 1 dan pasangan Achmad Husein/Sadewo Tri Lastiono dengan nomor urut 2.

Pasangan Mardjoko/Ifan Haryanto diusung Partai Golongan Karya, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan, sedangkan pasangan Achmad Husein/Sadewo Tri Lastiono diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Demokrat, dan Partai Nasional Demokrat.  

Calon Bupati Mardjoko merupakan Bupati Banyumas periode 2008-2013 hasil pilkada 2008 yang saat itu berpasangan dengan Achmad Husein.

Dalam pilkada 2013 yang diikuti enam pasangan calon, Mardjoko kembali mencalonkan diri sebagai bupati berpasangan dengan Gempol Suwandono.

Demikian pula dengan Achmad Husein mencalonkan diri sebagai bupati berpasangan dengan Budhi Setiawan hingga akhirnya menang dalam Pilbup Banyumas 2013.

Sumber : Antara

Tag : Pilkada Serentak
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top