Kapal KM Lestari Maju Tenggelam di Perairan Selayar Sulsel

Badan SAR Nasional (Basarnas) wilayah Makassar membenarkan telah terjadi insiden Kapal Tenggelam di Perairan Selayar bernama Kapal Lestari Maju yang tengah mengangkut puluhan penumpang dari Pelabuhan Bira Bulukumba Sulawesi Selatan ke Pelabuhan Pamatata Selayar Sulawesi Selatan.
Sholahuddin Al Ayyubi | 03 Juli 2018 14:46 WIB
Seorang penumpang menggendong balita dan mencoba bertahan di atas kapal yang hampir tenggelam, sementara sebagian penumpang sudah terombang/ambing ombak di samudera. (foto: istimewa)

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan SAR Nasional (Basarnas) wilayah Makassar membenarkan telah terjadi insiden Kapal Tenggelam di Perairan Selayar bernama Kapal Lestari Maju yang tengah mengangkut puluhan penumpang dari Pelabuhan Bira Bulukumba, Sulawesi Selatan ke Pelabuhan Pamatata Selayar, Sulawesi Selatan.

Anggota Basarnas Makassar, Ariyanto mengatakan Kapal tersebut tenggelam sekitar pukul 14.00 Wita saat akan masuk ke Perairan Selayar. Dia mengaku masih belum mengetahui penyebab pasti tenggelam Kapal KM Lestari Maju tersebut, namun menurutnya, Tim Basarnas Selayar tengah dalam tahap evakuasi korban yang jatuh ke laut dari kapal tersebut.

"Betul ada Kapal KM Lestari Maju yang tenggelam tadi sekitar pukul 14.00 Wita. Tim kami sedang dalam proses evakuasi terhadap para korban," tutur Ariyanto kepada Bisnis, Selasa (3/7).

Ariyanto juga mengatakan pihaknya masih belum mengetahui detail berapa jumlah korban atas insiden tenggelam Kapal KM Lestari Maju itu. Namun, dia mengatakan cukup banyak penumpang kapal itu yang jatuh ke Perairan Selayar Sulawesi Selatan. "Belum tahu jumlah korbannya. Kami masih proses evakuasi korban dulu," katanya.

Beberapa saat setelah kejadian beredar foto-foto yang dikirimkan oleh salah seorang penumpang yang menggambarkan situasi genting di dalam kapal yang akan tenggelam tersebut.

Para penumpang tersebut tengah sibuk memakai jaket keselamatan termasuk sejumlah anak-anak dan balita yang menjadi penumpang kapal Lestari Maju tersebut.

Bahkan, ada foto-foto penumpang yang terjun/terlempar ke laut dan terombang-ambing di tengah samudera. Sebagian penumpang mencoba bertahan bergelantungan pada badan kapal yang sudah miring hampir tenggelam.

Sampai berita ini diterbitkan belum ada keterangan tentang korban, maupun mengenai proses evakuasi yang dilakukan.

Tag : kapal tenggelam
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top