Menlu Retno Akan Hadiri Forum Tingkat Menteri di Thailand

Menlu Retno Marsudi dijadwalkan akan menghadiri pertemuan tingkat tinggi Forum Kerja sama Negara-negara Asia Timur untuk Pembangungan Palestina (CEAPAD) III di Thailand pada tanggal 26-27 Juni mendatang.
Muhammad Ridwan | 22 Juni 2018 20:15 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dijadwalkan akan menghadiri pertemuan tingkat tinggi Forum Kerja sama Negara-negara Asia Timur untuk Pembangungan Palestina (CEAPAD) III di Thailand pada tanggal 26-27 Juni mendatang.

Conference on Coorperation among East Asian Countries for Palestinian Development (CEAPAD) akan dihadiri oleh 11 Menteri Luar Negeri Asia Timur dan Timur Tengah, serta 5 organisasi internasional. 11 Menlu yang akan hadir diantaranya adalah Menlu Brunei Darussalam, Mesir, Singapura, Thailand, Yordania, dan Indonesia, serta Menlu negara Asia Timur lainnya.

Direktur Kerja sama Teknik Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Mohammad Syarif Alatas mengatakan, forum tingkat menteri ini akan dibuka oleh Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha.

“Kehadiran Menlu dalam CEAPAD akan menegaskan komitmen mendukung kebebasan dan kemerdekaan Paletina,” ujar Mohammad Syarif.

Dalam pertemuan forum tersebut, diagendakan ke 11 Menlu akan berkoordinasi dan meningkatkan efektifitas pemberian bantuan untuk Palestina. Tidak hanya itu, forum ini juga akan menyepakati program-program kebutuhan Palestina di tahun 2019 sampai dengan 2021.

“Kedepan Indonesia akan memberikan bantuan teknis dan program peningkatan kapasitas, diantaranya, pelatihan dibidang pengembangan UKM dan UMKM, serta pelatihan pilot,” ujar Mohammad Syarif.

Palestina merupakan negara prioritas utama dalam peningkatan pembangunan.

Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, Indonesia sudah memberikan 169 program untuk Palestina diberbagai bidang. Indonesia aktif berperang dalam forum tingkat menteri CEAPAD dan pernah menjadi tuan rumah untuk forum ini pada 2014.

 

Tag : retno l.p. marsudi
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top