Mudik Lebaran 2018: Kehabisan BBM di Tol Jakarta-Brebes? Manfaatkan Jasa Kios Tambahan

Para pemudik yang melalui jalan tol dari Jakarta menuju Brebes pada periode mudik Lebaran 2018 nampaknya tidak perlu khawatir kehabisan bahan bakar minyak atau BBM dalam perjalanan. Selain ada SPBU di rest area tipe A, para pemudik bisa mengisi bahan bakar di sejumlah rest area tipe B. Pasalnya, PT Pertamina (Persero) menyediakan sejumlah kios BBM di beberapa titik.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2018 | 08 Juni 2018 22:57 WIB

Bisnis.com, INDRAMAYU - Para pemudik yang melalui jalan tol dari Jakarta menuju Brebes pada periode mudik Lebaran 2018 nampaknya tidak perlu khawatir kehabisan bahan bakar minyak atau BBM dalam perjalanan.

Selain ada SPBU di rest area tipe A, para  pemudik bisa mengisi bahan bakar di sejumlah rest area tipe B, yang umumnya hanya dilengkapi fasilitas parkir, rumah makan, ATM, toilet, dan mushola. Pasalnya, PT Pertamina (Persero) menyediakan sejumlah kios BBM di beberapa titik.

Salah satunya berada di rest area KM 130 Tol Cikopo - Palingan (Cipali).

Irwan Nursudiah, petugas di kios BBM Pertamina tersebut, mengatakan layanan itu baru beroperasi hari ini, H - 7 Lebaran 2018, Jumat (8/6/2018). Dia menjelaskan Kios BBM ini akan beroperasi hingga arus balik Lebaran 2018.

Pihaknya menjual dua jenis BBM, yakni Pertamax dan Pertadex. "Satu kaleng Pertamax Rp89.000, Pertadex Rp100.000," jelasnya saat ditanyai oleh Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa-Bali (LL-JJB) 2018.

Irwan mengatakan sejumlah pemudik sudah mulai memanfaatkan layanan khusus tersebut. Secara total, antara gerbang Tol Cikarang Utama, di Tol Jakarta - Cikampek, hingga exit Tol Cipali di Brebes, terdapat lima Kios BBM.

Namun, dia menjelaskan pihaknya juga menyiapkan sejumlah petugas yang bisa membantu pemudik yang kehabisan BBM di tengah ruas tol.

"Ada yang keliling juga menggunakan motor, kalau ada mobil mogok di tengah jalan. Kami tahu dari polisi yang memantau jalan. Nanti, dikirimnya dengan dikawal patwal karena motor kan tidak boleh lewat tol."

Sebagai informasi, terdapat 8 rest area di sepanjang jalan tol Cipali, yakni mencakup 4 rest area tipe A (besar) dan 4 rest area tipe B (kecil).

Rest area tipe A berlokasi di KM 102 arah Cirebon, KM 101 arah Jakarta, KM 166 arah Cirebon, dan KM 164 arah Jakarta.

Rest area tipe B berlokasi di KM 86 arah Cirebon, KM 86 arah Jakarta,  KM 130 arah Cirebon, dan KM 130 arah Jakarta.

Rest area tipe A dilengkapi dengan fasilitas parkir, rumah makan, ATM, toilet, mushola, SPBU, bengkel siaga, dan layanan kesehatan sementara.

Sementara itu, rest area tipe B hanya dilengkapi fasilitas parkir, rumah makan, ATM, toilet, dan mushola. 

 

Tim Peliput: Finna U. Ulfah, Jaffry Prabu Prakoso, Hafiyyan, Oktaviano DB Hana.

 

Sumber : tim jelajah

Tag : Mudik Lebaran 2018
Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top