Arah Abu Erupsi Gunung Merapi, Warga Sudah Dibagikan Masker

Arah Abu Erupsi Gunung Merapi, Warga Sudah Dibagikan Masker
Newswire | 11 Mei 2018 16:05 WIB
Pengendara melintas di jalur Boyolali-Magelang berlatar belakang letusan freatik Gunung Merapi di Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (11/5/2018). - ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA - Abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi di Kabupaten Sleman terpantau terus bergerak ke sejumlah wilayah Yogyakarta yang jaraknya terpaut cukup jauh dari titik erupsi. Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY Biwara Yuswantana mengatakan selain merambah Kota Yogya, abu Merapi siang ini sudah sampai ke Kabupaten Bantul dan Kulon Progo.

“Kami belum bisa memastikan di mana abu Merapi ini mendarat, tergantung angin membawa,” kata Biwara Jumat 11 Mei 2018. Saat laporan ini ditulis, abu Merapi mengarah angin ke selatan. Erupsi kali ini bukan kategori magmatic melainkan freatik yang mengeluarkan uap air.

Berikut perjalanan abu Gunung Merapi:

07.40 erupsi. Wilayah Sleman yang yang terkena abu Merapi adalah Kecamatan Tempel, Turi, Pakem, Ngemplak, Sleman, Jombor, Ngaglik, Depok, Gamping, dan Godean.

10.25 mengenai hampir seluruh wilayah perkotaan Yogya. Di antaranya kawasan Malioboro serta Stasiun Tugu.

11:00 sampai di Kabupaten Bantul seperti wilayah Nitripayan, Kasihan dan Sedayu.

11.15 hujan abu juga mulai merambah Kabupaten Kulon Progo khususnya Kecamatan Kalibawang.

“Kami sudah membagikan masker kepada masyarakat dan meminta warga menjauhi sementara Merapi radius dua kilometer dari puncak,” ujarnya.

BPBD DIY telah menetapkan status siaga darurat menyusul erupsi freatik Gunung Merapi itu. Seluruh instansi kesehatan disiagakan untuk mengantisipasi adanya korban akibat dampak tak langsung dari erupsi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gunung merapi

Sumber : Tempo
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top