Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tantangan Terberat Jokowi Bukan pada Calon Lain, melainkan Kampanye Hitam

Tantangan terbesar Joko Widodo dalam kontestasi Pilpres 2019 tidak terletak pada penantangnya.
Presiden Jokowi/Bisnis
Presiden Jokowi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Tantangan terbesar Joko Widodo dalam kontestasi Pilpres 2019 tidak terletak pada penantangnya.

Andreas Hugo Parera, Ketua DPP PDI Perjuangan mengatakan  tantangan terberat Joko Widodo pada masa mendatang bukan terletak pada calon presiden penantang. Pasalnya, tidak ada satu tokoh nasional pun yang saat ini memiliki kinerja atau pernah memiliki kinerja yang menjadi modal sosial selain petahana saat ini.

“Lawan Jokowi pada masa yang akan datang ada isu, rumor atau slogan kampanye hitam yang diarahkan padanya,” ujarnya, Senin (23/4/2018).

Menurutnya, maraknya politik identitas dan populisme sebagai jalan pintas menyediakan panggung bagi para kompetitor Joko Widodo dalam kontestasi tahun depan. Situasi inilah, paparnya, yang akan dihadapi oleh bangsa Indonesia tahun depan.

Dia mengatakan, dari sisi populeritas dan elektabilitas, saat ini Jokowi sudah tidak tertandingi lagi. Salah satun buktinya, ujarnya, dalam survei Litbang Kompas, mantan Gubernur DKI Jakarta itu dinilai mengalami peningkatan popularitas dan elektabilitas.

Menurut Andreas, hasil survei itu sejalan dengan kinerja yang ditunjukkan oleh masing-masing tokoh nasional. Tidak mengherankan, ujarnya, petahanan melampaui calon lainnya karena selama ini Presiden menunjukkan karya dan presitasi kerjanya dan tokoh lain dinilai menyerang pemerintah tanpa argumentasi yang jelas.

“Survei itu refleksi aspirasi masyarakat sementara ini. Kelihatan apabila situasi berjalan tetap elektabilitas dalam tiga bulan, enam bulan, bahkan setahun ke depan akan meningkat terus melampaui 60% sehingga relatif aman menuju kontestasi 2019,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper