Carrefour di Spanyol Mulai Jual Makanan Olahan dari Jangkrik dan Ulat

Jaringan pasar swalayan Carrefour pada Selasa (19/4/2018) mulai menjual makanan-makanan olahan dari jangkrik dan ulat.
Newswire | 19 April 2018 17:44 WIB
Carrefour di Spanyol - Reuters

Bisnis.com, MADRID -  Jaringan pasar swalayan Carrefour pada Selasa (19/4/2018) mulai menjual makanan-makanan olahan dari jangkrik dan ulat.

Penjualan itu merupakan bentuk komersialisasi lebih luas atas binatang-binatang serangga sebagai sumber makanan, yang untuk pertama kalinya diterapkan di Spanyol.

Tidak seperti yang mungkin sebelumnya diperkirakan kalangan konsumen yang penakut, jajaran berbagai serangga di rak-rak supermarket Spanyol itu tidak terlalu mengganggu karena sudah diolah menjadi berbagai produk makanan, dari balok camilan berenergi, makanan ringan hingga pasta.

Carrefour menerangkan  berbagai olahan makanan bermuatan serangga itu disediakan untuk "menawarkan produk-produk paling inovatif kepada para konsumen serta untuk memasukkan sumber-sumber makanan alternatif, yang ramah lingkungan".

Carrefour menambahkan  serangga merupakan bagian penting dalam kebiasaan makanan di wilayah-wilayah lain di dunia.

"Menurut Organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa urusan Pangan dan Pertanian, serangga menjadi makanan bagi lebih dari dua miliar orang dan dianggap sebagai makanan masa depan," kata perusahaan itu.

Carrefour juga mengisyaratkan  pengolahan serangga sebagai makanan bisa berarti penurunan gas rumah kaca dan  memakan serangga menjadi kebiasaan yang semakin populer karena unsur-unsurnya yang menyehatkan.

"Menurut Organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa urusan Pangan dan Pertanian, serangga kaya akan protein, vitamin B1, B2, B3 serta mengandung Omega 3 dan 6, juga asam amino dan berbagai mineral seperti zat besi," kata perusahaan pasar swalayan itu.

Penjualan serangga sebagai makanan telah mendapat izin Uni Eropa pada awal 2018. Sebelumnya, kurangnya peraturan membuat produk-produk serangga tidak bisa dijual di Spanyol karena alasan kesehatan publik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
carrefour quality line

Sumber : ANTARA/XINHUA-OANA
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top