Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bantu Fox, Disney Menawarkan Diri Beli Sky News

Walt Disney Co. menawarkan diri membeli Sky News untuk memuluskan rencana penjualan 21st Century Fox Inc. milik Rupert Murdoch ke Disney.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 03 April 2018  |  22:10 WIB
Walt Disney - ilustrasi
Walt Disney - ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA – Walt Disney Co. menawarkan diri membeli Sky News untuk memuluskan rencana penjualan 21st Century Fox Inc. milik Rupert Murdoch ke Disney.

Disney menyatakan penawaran pembelian Sky News tidak bergantung kepada rencana perusahaan tersebut mengakuisisi Fox dalam transaksi yang diperkirakan bernilai US$52,4 miliar. Langkah Disney akan memuluskan proses akusisi Disney atas Fox.

Pembelian Sky News adalah bagian dari rencana Murdoch melego seluruh bisnis media Fox kepada Disney. Murdoch berniat membeli 61% saham Sky News yang belum dikuasai oleh Fox, yang nilainya mencapai 11,7 miliar pound sterling (setara dengan US$16,5 miliar).

Namun, Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris (CMA) menilai kepemilikan 100% Fox atas Sky News berpotensi memunculkan monopoli bisnis media di Inggris. News Corp. milik Murdoch adalah pemilik media-media besar di Inggris termasuk The Times, The Sunday Times, dan The Sun.

Penawaran Disney tampaknya cukup sebagai jawaban atas kekhawatiran CMA. Ini juga membuka jalan untuk penawaran dengan nilai yang lebih tinggi dari Fox untuk Sky.

“Jika kita lihat apa yang diumumkan Fox, itu mengindikasikan bahwa mereka masih serius dengan penawaran ini,” ujar Ian Whittaker, analis media Liberum di London, seperti dikutip Bloomberg, Selasa (3/4).

Fox bersaing dengan Comcast Corp dalam penawaran atas Sky, induk usaha Sky News. Pada Februari, Comcast mengajukan penawaran tandingan atas perusahaan TV berbayar Britania Raya tersebut.

CMA memperkirakan keputusan atas penawaran Fox terhadap Sky akan keluar pada 1 Mei 2018. Selanjutnya, CMA akan menyerahkan keputusan final kepada Menteri Kebudayaan Matt Hancock pada pertengahan Juni.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

disney
Editor : Gita Arwana Cakti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top