Rumah Pintar BSD City Ajak Pendidik Tangerang ke Sekolah Percontohan GSM

Sinar Mas Land melalui Tim Rumah Pintar BSD City mengajak 26 pendidik dari Tangerang melakukan kunjungan kerja ke sekolah-sekolah percontohan di Yogyakarta.
M. Syahran W. Lubis | 28 Maret 2018 00:42 WIB
Rombongan pendidik dari Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang melakukan kunjungan kerja yang diinisiasi oleh CSR Sinar Mas Land ke SDN Rejodani, Sariharharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, yang telah menerapkan Gerakan Sekolah Menyenangkan. - Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA – Perusahaan pengembang Sinar Mas Land melalui Tim Rumah Pintar BSD City, bagian dari CSR Sinar Mas Land, mengajak 26 pendidik dari Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, untuk melakukan kunjungan kerja ke sekolah-sekolah percontohan di Yogyakarta.

Sekolah-sekolah percontohan di Yogyakarta itu telah menerapkan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di Yogyakarta. Kunjungan dilakukan pada 21-23 Maret 2018.

Sekolah percontohan GSM yang dikunjungi tersebut adalah SD Negeri Karangmojo II Gunung Kidul, SD Muhammadiyah Mantaran Sleman, SD Negeri Rejodani Sleman, SMP Negeri 1 Girimulyo Kulonprogo, dan Rumah Pintar Nur’aini Gunung Kidul, Yogyakarta.

Syukur Lawigena, Direktur PT BSD Tbk., mengungkapkan kunjungan ini bertujuan melihat dan belajar langsung dari perubahan nyata yang terjadi di tempat asal penerapan GSM.

“Dengan kunjungan tersebut, para peserta diharapkan dapat termotivasi dan merasakan semangat GSM yang tumbuh dan berkembang pesat di Yogyakarta,” ungkapnya sebagaimana siaran pers yang diterima Bisnis.com pada Selasa (27/3/2018).

Dalam kesempatan itu dilakukan dialog dengan kepala sekolah dan guru SMP di Yogyakarta bersama Kepala Dinas Pendidikan setempat, yang memperbincangkan implementasi konsep GSM di dalam materi ajar.

GSM di Rumah Pintar BSD

SZyukur menjelaskan tim Rumah Pintar BSD City melakukan pemantauan dan pendampingan untuk melihat perubahan fisik dan pola pikir yang terjadi di sekolah-sekolah yang menerapkan pola GSM yang konsepnya adalah menjadikan sekolah sebagai tempat belajar yang menyenangkan, sehingga dapat menjadi rumah kedua bagi anak.

Dari pantauan Tim Rumah Pintar BSD City, sejumlah sekolah di Tangsel dan Kabupaten Tangerang mengalami perubahan pola ajar yang mengarah pada pengembangan karakter yang lebih peduli pada sesama dan lingkungan, fokus pada keunikan yang dimiliki masing-masing anak didik sehingga mendorong kreativitas, inovasi dan menginspirasi.

“Perubahan itu terjadi setelah mereka menerapkan GSM. Pengajar lebih bisa berinteraksi dengan para muridnya. Siswa lebih ceria, emosi terkontrol, sopan, dan percaya diri,” ungkap Syukur saat membawa Tim Rumah Pintar BSD City melakukan kunjungan pendampingan pelaksanaan GSM ke sejumlah sekolah di Tangsel dan Kabupaten Tangerang beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan htu terjadi karena para siswa diberi ruang untuk berekspresi, ada kesepakatan ajar mengajar, termasuk penataan ruang belajar yang lebih nyaman.

Sukur menegaskan pula bahwa Rumah Pintar BSD City serius dan fokus melaukan pendidikan karakter. “Pendampingan model GSM juga penting untuk mengingatkan agar pendidikan karakter terlaksana di sekolah-sekolah.”

Hal itu, lanjutnya, sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo agar sistem pendidikan lebih serius dan fokus pada pendidikan karakter. “Sinar Mas Land, melalui Rumah Pintar BSD City, telah lebih dulu memulai langkah itu,” tuturnya.

Syukur menuturkan sekecil apa pun perubahan yang terjadi, pihaknya memberi apresiasi dan dukungan. Perubahan ini kemudian didiskusikan di kelompok sekolah peserta agar bisa saling memberikan masukan. “Hal ini sejalan dengan akar GSM, saling asah, asuh, dan asih.”

Sekolah di Tangsel yang mengikuti GSM adalah SMPN 7, SMPN 20, SMPN 22, SMP Falatehan, SMP Muhammadiyah, SMP Bakti Nusantara, SMP Iptek, SMP Asaadah, MTs Pembangunan Nurul Islam, dan MTSN An-Nashihin.

Sementara, sekolah di Kabupaten Tangerang yang mengikuti gerakan ini adalah MTSN 5 Pagedangan, SMPI Manba’ul Ulum, MTSS Manba’ul Ulum, SMP Nurul Falah Pagedangan, MTs Pembangunan Nurul Islam, MTs Raudlatur Irfan, dan MTSN Legok.

Tag : sinar mas land, pendidikan
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top