Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Akan Pelajari Dokumen Konsiliasi Timor Leste-Australia

Indonesia menyatakan akan mempelajari lebih lanjut proses konsiliasi antara Timor Leste dan Australia. Timor Leste dan Australia resmi menandatangani perjanjian perbatasan di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Selasa (6/3), yang mengakhiri sengketa kedua negara selama lebih dari satu dekade.
Kapal pengguna radar maritim/Reuters
Kapal pengguna radar maritim/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA — Indonesia menyatakan akan mempelajari lebih lanjut proses konsiliasi antara Timor Leste dan Australia. Timor Leste dan Australia resmi menandatangani perjanjian perbatasan di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Selasa (6/3), yang mengakhiri sengketa kedua negara selama lebih dari satu dekade.

Indonesia menyatakan bahwa pihaknya menyambut baik proses konsiliasi kedua negara tersebut. Namun, dalam siaran pers, Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan bahwa meskipun Indonesia bukan merupakan pihak dalam proses konsiliasi antara Timor Leste dan Australia, Indonesia akan memastikan perjanjian itu tidak akan berdampak pada hak-hak maritim Indonesia berdasarkan Konvensi Hukum Laut 1982.

“Pemerintah mereservasi hak-haknya atas hasil konsiliasi ini yang mungkin dapat memengaruhi hak berdaulat Indonesia berdasarkan Konvensi Hukum Laut 1982,” tulis juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Christiawan Nasir melalui siaran pers tersebut, Rabu (7/3/2018).

Seperti diketahui, pada 1989 Indonesia dan Australila telah menandatangani Perjanjian Celah Timor. Kala itu, Timor Leste masih menjadi bagian dari Indonesia.

Namun, pada 2002, Timor Leste memperoleh kemerdekaan dari Indoneia sementara Perjanjian Celah Timor telah ditandatangani. Sejak itu, tidak pernah ada perundingan mengenai batas wilayah maritim Timor Leste.

Oleh karena itu, pada 2004, Timor Leste mulai menjajaki perundingan dengan Australia terkait batas wilayah antar negara.

Pemerintah Indonesia menekankan, bahwa pembelajaran secara mendetil baru akan dilakukan mulai dari sekarang. Pasalnya, selama ini sifat perjanjian antar Timor Leste dan Australia masih rahasia. Dalam beberapa waktu ke depan, diharapkan dokumen perjanjian itu sudah dibuka untuk publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper