Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPO, Anak Usaha Siemens Akan Lepas 15% Saham ke Publik

Siemens AG akan melepas saham unit usahanya, Siemens Healthineers, ke publik melalui penawaran umum perdana (initial public offering/IPO).

Kabar24.com, JAKARTA - Siemens AG akan melepas saham unit usahanya, Siemens Healthineers, ke publik melalui penawaran umum perdana (initial public offering/IPO).

Nilai unit usaha Siemens yang bergerak di bidang kesehatan itu diperkirakan bisa mencapai 26 miliar euro (setara dengan US$32 miliar). Adapun rencana IPO dilakukan seiring Chief Executive Officer Siemens AG Joe Kaeser mengalihkan bisnis kuncinya di perusahaan enjinering terbesar Eropa.

Perusahaan yang berbasis di Munich dalam pernyataan resminya yang dikutip dari Bloomberg, Senin (5/3), menyebutkan Siemens Healthineers akan melepas 15% sahamnya ke publik yang dijadwalkan pada 16 Maret.

Dalam aksi korporasinya, Siemens mematok harga penawaran 26 euro-31 euro per lembar saham dan menargetkan untuk meraup dana 3,9 miliar euro hingfa 4,65 miliar euro.

Estimasi awal terkait aksi IPO ini berpotensi menjadi yang terbesar di Eropa pada tahun ini, dan mendorong nilai perusahaan sebesar 40 miloar euro.

Namun, seorang sumber yang enggan disebut namanya mengatakan nilai perusahaan turun setelah investor memberikan feedback.

Penawaran saham terjadi di tengah pasar yang sedang bergejolak dan diperkirakan bisa menurunkan minat pasar sementara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper