Naga Raksasa Meriahkan Imlek di Bangka

Naga sepanjang 35 meter memeriahkan perayaan Imlek 2018 di Dusun Cungfo, Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Februari 2018  |  10:58 WIB
Naga Raksasa Meriahkan Imlek di Bangka
Sejumlah remaja berlatih memainkan barongsai dalam rangka persiapan menyambut perayaan tahun baru Imlek 2569 di Vihara Sukhavati, Serang, Banten, Minggu (11/2). Pertunjukan Barongsai merupakan bagian penting dari perayaan tahun Baru Imlek karena dipercaya dapat menolak bala dan mendatangkan aura keberuntungan. ANTARA FOTO - Asep Fathulrahman

Bisnis.com, JAKARTA - Naga sepanjang 35 meter memeriahkan perayaan Imlek 2018 di Dusun Cungfo, Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka.

Ketua Panitia Perayaan Ceria Imlek Agus Susanto mengatakan patung naga tersebut sengaja dibuat warga sekitar sejak tiga pekan lalu untuk merayakan Imlek di daerah tersebut.

"Naga sepanjang 35 meter ini dikerjakan secara gotong royong oleh warga, menggunakan bahan bekas dan bahan alami yang diambil dari hutan sekitar," ujarnya, seperti dilansir Antara, Jumat (16/2/2018).

Pembuatan patung tersebut menghabiskan 200 batang kayu, 40 batang bambu, dan 2 mobil daun simpur yang digunakan untuk membuat sisik naga. Kepala Desa Bukit Layang Andry menyatakan perayaan Imlek 2018 di daerah tersebut merupakan suatu bentuk pembauran budaya.

"Ini adalah momen menuju desa mandiri dalam pembauran budaya dan makna keberagamannya," ungkapnya.

Selain menghadirkan patung naga raksasa, perayaan Imlek di daerah itu juga dimeriahkan dengan pentas seni yang melibatkan anak sekolah, barongsai, pentas budaya, serta lampion hoki. Tiap rumah akan memasang lampion hoki dan panitia akan menilai lampion terbaik sebagai pemenang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
imlek

Sumber : Antara

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup