Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hore, Tunjangan Babinsa akan Ditambah!

Pemerintah akan melakukan harmonisasi dana anggaran untuk Bintara Pembina Desa (Babinnsa), karena sering membantu dalam tugas di lapangan.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 06 Februari 2018  |  14:15 WIB
Hore, Tunjangan Babinsa akan Ditambah!
Anggota Babinsa (Bintara Pembina Desa) Kodim 0706/Temanggung membantu petani membajak sawah di persawahan Desa Ngadimulyo, Kedu, Temanggung, Jateng, Senin (22/6). Sejumlah anggota TNI Kodim 0706/Temanggung diterjunkan ke lapangan guna membantu dan mendampingi petani untuk mewujudkan program swasembada pangan. - ANTARA

Bisnis.com,  JAKARTA—Pemerintah akan melakukan harmonisasi dana anggaran untuk Bintara Pembina Desa (Babinnsa), karena sering membantu dalam tugas di lapangan.

"Jadi pada prinsipnya untuk tunjangan yang harus terima oleh Babinsa mungkin akan dibuat suatu harmonisasi, sama seperti mereka yang melakukan tugas-tugas di lapangan," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Babinsa merupakan orang pertama dari barisan TNI yang langsung turun ke tempat kejadian.

Babinsa memiliki tugas untuk berhubungan langsung dengan masalah keamanan, memelihara ketertiban serta deteksi dan pencegahan dini.

Adapun, Babinsa juga sering dijumpai dalam program penanggulangan bencana seperti bencana banjir, gempa bumi, dan kebakaran hutan.

"[Dikarenakan keaktifan Babinsa] Maka hitung-hitungan mengenai beban itu [operasional] harus tercermin," jelasnya.

Namun, Menkeu tidak menjelaskan berapa anggaran Babinsa selama ini, dan berapa rencana penambahan anggaran dana kedepannya.

Hanya saja dia mengatakan pemerintah juga akan melakukan harmonisasi anggaran dana kementerian dan lembaga lain yang juga aktif dalam tugas di lapangan, seperti Bhabinkamtibmas dari POLRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani Babinsa
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top