Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luwuk Ingin Menjadi Kota Wisata Layak Anak, Tanpa Asap Rokok

Warrior FCTC atau Framework Convention on Tobacco Control mendukung Pemerintah Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah yang bertekad mewujudkan Luwuk sebagai 'Kota Wisata Layak Anak' yang bersih dari iklan, promosi, dan sponsor rokok.
Ilustrasi/Youtube
Ilustrasi/Youtube

Kabar24.com, LUWUK - Warrior FCTC atau Framework Convention on Tobacco Control mendukung Pemerintah Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah yang bertekad mewujudkan Luwuk sebagai 'Kota Wisata Layak Anak' yang bersih dari iklan, promosi, dan sponsor rokok.

Rama Tantra Solikin, dari Warrior FCTC Banggai yang dihubungi di Luwuk, Senin, menyatakan bahwa dukungan ini diberikan melalui berbagai aktivitas kampanye yang disponsori FCTC Banggai, seperti pergelaran Wayang FCTCWarrior di area CFD Teluk Lalong, Luwuk, Kabupaten, Minggu (4/2/2018).

Dukungan tersebut akan disuarakan bersama oleh komunitas anak muda Banggai yang bernaung di?Banggai Generation on Tobacco Control (BGTC), sebuah gerakan anak muda yang mengampanyekan 'Generasi Tanpa Asap Rokok'.

Kata Rama, dukungan tersebut didorong oleh keprihatinan terhadap situasi di Kota Luwuk yang dipenuhi dengan iklan rokok.

"Kota Luwuk adalah kota yang cantik menawan. Selain memiliki pemandangan laut dan pantai yang indah, udara di sini juga sejuk karena dekat perbukitan. Tapi miris, kota kami yang indah ini dipenuhi oleh iklan rokok di setiap sudut jalan," keluh alumnus Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Tompotika Luwuk ini.

Yang menyedihkan, kata Rama, iklan rokok banyak bertebaran di sepanjang jalan menuju tempat wisata, seperti di Jalan Pantai Kilo 5, sebuah obyek wisata pantai yang sangat terkenal di Luwuk, dengan hamparan pasir putih, air yang jernih dan beraneka ragam jenis karang yang memukau.

Iklan rokok juga banyak ditemukan di jalan-jalan strategis di dalam Kota Luwuk seperti di Jalan Trans kota Luwuk dan Jalan Ahmad Yani.

Paparan iklan rokok yang terus menerus, kata Rama, adalah suatu ancaman serius karena berpotensi mengajak anak merokok.

"Sudah banyak studi menunjukkan ada pengaruh dari paparan iklan rokok yang terus menerus terhadap keinginan merokok. Di antaranya studi Komnas Anak dan Uhamka tahun 2007 yang menyebutkan sebanyak 46 persen remaja berpendapat iklan rokok memengaruhi mereka untuk mulai merokok,? kata alumnus FCTC Youth Summit 2017 ini.

Menurut Rama, ditemukannya banyak iklan rokok di Banggai, dan khususnya di Kota Luwuk, menunjukkan bahwa pemerintah daerah dan warga belum peduli pada upaya perlindungan anak dari dampak rokok dan dari paparan iklan rokok.

Oleh karena itu, sebagai pendiri BGTC, ia dan rekan-rekannya akan terus aktif mengampanyekan bahaya merokok dan dampak iklan rokok kepada pelajar dan mahasiswa.

"Ini kami lakukan untuk mencegah semakin bertambahnya perokok anak di Banggai, sebab tren prevalensi perokok anak terus meningkat setiap tahun," katanya.

Rama mengutip data Global Youth Tobacco Survey (GYTS) 2014 yang mencatat ada 20,3%  remaja usia 13-15 tahun yang merokok, dan menurut data Riset Kesehatan Dasar 2013, dalam 10 tahun terakhir perokok pemula remaja usia 10-14 tahun naik dua kali lipat, dari 9,5% pada2001 menjadi 18% pada 2013.

Kabupaten Banggai menjadi kota ke-13 yang didatangi Wayang FCTC dalam rangkaian 'Petualangan 365 Hari FCTC Warrior di 25 Kota'.

Sebelumnya Wayang FCTC sudah melalui kota Tangerang Selatan, Bogor, Bandung, Pekalongan, Semarang, Yogyakarta, Jember, Tabanan, Badung, Mataram, Sumbawa, dan Makassar.

Warrior FCTC adalah kolaborasi 40 anak muda dari 25 kota di Indonesia yang aktif menolak hegemoni industri rokok dan menolak menjadi target pemasaran industri rokok. Mereka telah mengikuti Konferensi Youth Summit di Bogor pada Mei 2017 dan mendeklarasikan Suara Anak Muda untuk FCTC di Jakarta.

Sejak Agustus 2017, Wayang FCTC yang menjadi simbol FCTC Warrior, dipentaskan ke 25 kota untuk mengajak lebih banyak anak muda bersuara menolak menjadi target pemasaran industri rokok.

Menurut Rama, kegiatan yang digelar hari ini berisi acara pementasan Wayang FCTC, pembacaan deklarasi Suara Anak Muda untuk Indonesia aksesi FCTC, dan pengumpulan identitas untuk mendukung aksesi FCTC.

Pada Desember 2017, BTGC bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, mereka mengampanyekan gerakan 'Matikan Rokokmu Sekarang Juga' di acara CFD dan peringatan Hari Ibu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper