Lombok Utara Diguncang Gempat 4,8 Skala Richter

Gempa bumi berkekuatan 4,8 skala Richter mengguncang Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, pada Jumat pukul 13.59 WITA, namun tidak berpotensi tsunami.
Martin Sihombing | 02 Februari 2018 16:17 WIB
Ilustrasi gempa - Antara

Bisnis.com, MATARAM -  Gempa bumi berkekuatan 4,8 skala Richter mengguncang Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, pada Jumat (2/2/2018) pukul 13.59 WITA, tetapi tidak berpotensi tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mataram, mencatat pusat gempa terletak pada kordinat 7,98 derajat lintang selatan -115,88 derajat bujur timur, tepatnya pada 57 kilometer timur laut Karangasem, Bali, pada kedalaman 27 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus, mengatakan dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa wilayah Lombok Utara mengalami guncangan dalam skala intensitas I SIG atau I-II MMI.

Di daerah itu guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang," ujarnya.

"Kami juga mendapatkan informasi bahwa gempa bumi tersebut dirasakan beberapa tamu hotel," ujarnya.

Ditinjau dari kedalamannya, kata dia, gempa bumi tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores back arc trust).

Hingga pukul 14.56 WITA. Hasil monitoring BMKG belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

BMKG mengimbau warga di wilayah pesisir Utara Lombok, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber : ANTARA

Tag : gempa
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top