Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Super Blue Blood Moon : Ini Penampakan Fase Gerhana Bulan Total (U2)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau terjadinya fenomena alam langka Super Blue Blood Moon atau gerhana bulan total, Rabu (31/1/2018).
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 31 Januari 2018  |  20:10 WIB
Super Blue Blood Moon memasuki fase gerhana bulan  total - Twitter BMKG
Super Blue Blood Moon memasuki fase gerhana bulan total - Twitter BMKG

Kabar24.com, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau terjadinya fenomena alam langka Super Blue Blood Moon atau gerhana bulan total, Rabu (31/1/2018).

Berdasarkan informasi BMKG yang dikutip dari Twitter BMKG bahwa saat ini Super Blue Blood Moon  memamsuki fase gerhana  total (U2). Hal ini berdasarkan pengamatan dari Stasiun Geofisika Ternate Maluku Utara pada pukul 1951 WIT.

Seperti diberitakan sebelumnya, gerhana bulan total terjadi saat bulan tidak terkena cahaya matahari karena terhalang oleh bumi. Pada saat itu, matahari, bumi, dan bulan hampir berada dalam satu garis lurus. Gerhana bulan selalu terjadi pada saat bulan purnama.

Namun, tidak setiap purnama terjadi gerhana bulan, karena bidang orbit bulan membentuk sudut 5 derajat terhadap ekliptika (bidangorbit bumi mengelilingi matahari).

Umumnya, dalam satu tahun terjadi dua hingga tiga kali gerhana bulan. Pada tahun 2018 ini, gerhana bulan terjadi pada 31 Januari dan 28 Juli. Keduanya merupakan gerhana bulan total yang merupakan kejadian cukup langka. Namun dari kedua gerhana tersebut, hanya gerhana bulan di tanggal 31 Januari 2018 saja yang dapat teramati seluruhnya dari Indonesia. Pada gerhana bulan 28 Juli 2018, sebagian wilayah Indonesia timur tidak dapat menyaksikan keseluruhan gerhana.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gerhana Bulan Total
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top