Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GERHANA BULAN TOTAL: Warga Banda Aceh Antusias

Ratusan masyarakat di kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar terlihat antusias menyaksikan gerhana bulan melalui teleskop yang disiapkan Kanwil Kemenag Aceh, Rabu (31/1/2018) malam.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Januari 2018  |  21:10 WIB
Super Blue Blood Moon memasuki fase gerhana bulan  total - Twitter BMKG
Super Blue Blood Moon memasuki fase gerhana bulan total - Twitter BMKG

Bisnis.com, BANDA ACEH -  Ratusan masyarakat di kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar terlihat antusias menyaksikan gerhana bulan melalui teleskop yang disiapkan Kanwil Kemenag Aceh, Rabu (31/1/2018) malam.

Pantauan Antara di Banda Aceh, di halaman Kantor Kanwil Kemenag Aceh, masyarakat terus berdatangan dan ada yang melihat fenomena alam gerhana total melalui teleskop.

Selain menggunakan alat yang telah disiapkan tersebut banyak juga masyarakat yang melihat langsung terhadap fenomena alam yang terjadi jelang akhir Januari 2018.

Masyarakat yang datang ke lokasi pemantauan tersebut saling bergantian melihat kejadian gerhana bulan yang melintasi wilayah Aceh.

Sebelumnya Pakar Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra menjelaskan waktu terjadinya gerhana bulan tersebut untuk Wilayah Provinsi Aceh, yaitu pada pukul :Awal penumbral: 17:51:15 WIB, Awal kontak gerhana: 18:48:16 WIB, Mulai gerhana total: 19:51:05 WIB, Puncak gerhana total: 20:29:59 WIB, Akhir gerhana total: 21:07:53 WIB, Akhir kontak gerhana: 22:11:41 WIB dan Akhir penumbral: 23:08:27 WIB.

Ia menambahkan bahwa masyarakat dapat menyaksikan fenomena tersebut dapat melihat langsung ke arah bulan purnama.

"Bulan purnama yang seharusnya berwarna putih terang akan sedikit gelap, bahkan agak kemerah-merahan. Jika suasana pada malam itu cerah ukuran bulan purnama ketika gerhana kali ini terlihat lebih besar dari biasanya yang disebut dengan fenomena supermoon. hal ini karena posisi bulan lebih dekat dengan bumi," kata Alfirdaus.

Ia mengatakan gerhana bulan tersebut terjadi karena posisi bumi berada tepat di tengah antara matahari dan bulan sehingga cahaya pantulan matahari terhadap bulan dihalangi oleh bumi yang menyebabkan terjadinya gerhana bulan," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gerhana Bulan Total

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top