Enam Amalan yang Bisa Dilakukan Umat Islam Saat Terjadi Gerhana Bulan

Pusat Studi Islam Al-Manar menyebutkan ada enam amalan yang harus dijalankan umat muslim pada saat melihat Gerhana Bulan Total atau super blue blood moon yang akan terjadi mulai pukul 19.52 WIB-21.08 WIB pada 31 Januari 2018.
Sholahuddin Al Ayyubi | 31 Januari 2018 21:28 WIB
Gerhana bulan total - BMKG

Kabar24.com, JAKARTA--‎Pusat Studi Islam Al-Manar menyebutkan ada enam amalan yang disunahkan untuk dijalankan umat muslim pada saat melihat Gerhana Bulan Total atau super blue blood moon yang akan terjadi mulai pukul 19.52 WIB-21.08 WIB pada 31 Januari 2018.
 
Dosen Pusat Studi Islam Al-Manar, Rajasa Arrazy Sukaton mengemukakan gerhana bulan total tersebut baru terjadi sekitar 2 kali dalam waktu 152 tahun terakhir. Gerhana bulan total pertama terjadi pada 31 Maret 1866 dan yang kedua adalah 31 Januari 2018.
 
Menurutnya, jika gerhana bulan total atau super blood moon itu terjadi, maka umat muslim disunahkan menjalankan 6 amalan yaitu gema takbir sebagaimana saat melakukan salat ied, salat gerhana, khutbah gerhana, mengumpulkan shodaqoh, membagikan shodaqoh dan menggemakan takbir hingga akhir gerhana bulan.
 
"Jadi ada enam amalan yang harus dilakukan oleh umat muslim dan yang paling penting itu adalah melakukan ‎salat sunah gerhana," tuturnya, Rabu (31/1).
 
‎Dia menjelaskan, salat sunah gerhana merupakan sunah muakkadah yaitu sunah yang disarankan untuk dijalankan, karena sudah ditetapkan dalam syariat agama Islam sebagaimana yang tercantum dalam Al Quran Surat Fushshilat ayat 37 dan hadits HR Bukhari, Muslim dan Ahmad.
 
Menurutnya, salat sunah gerhana dianjurkan untuk dilakukan baik untuk pria dan wanita. Kendati demikian, kedudukan salat tersebut menurutnya tidak sampai wajib seperti salat 5 waktu sehari.
 
"‎Jadi saya sarankan agar umat muslim menjalankan amalan ini, karena sudah ada anjurannya dalam agama," katanya.

Tag : Gerhana Bulan Total
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top