Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Semarang Kembangkan UMKM lewat Anak Muda

Perkembangan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Semarang terus tumbuh dengan cepat. Hal ini dibuktikan, dengan antusiasme dari kalangan mahasiswa yang memulai usahanya.
Alif Nazzala Rizqi
Alif Nazzala Rizqi - Bisnis.com 15 Januari 2018  |  22:37 WIB
Ilustrasi perajin umkm - ANTARA/Agus Bebeng
Ilustrasi perajin umkm - ANTARA/Agus Bebeng

Kabar24.com, SEMARANG - Perkembangan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Semarang terus tumbuh dengan cepat. Hal ini dibuktikan, dengan antusiasme dari kalangan mahasiswa yang memulai usahanya.

Kebanyakan dari mahasiswa yang memulai usaha adalah jenis usaha ekonomi kreatif yang kini sedang menjadi trend terutama di Kota Semarang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, pemerintah mendukung penuh kepada masyarakat, khususnya anak muda yang ingin mengembangkan serta memulai usaha yang mereka geluti. Namun dia belum mengetahui jumlah pasti umkm yang ada di Kota Semarang, perkirakan berjumlah ribuan dan sebagian berasal dari anak muda.

"Pemkot Semarang terus melakukan edukasi terhadap mahasiswa, agar lebih mandiri dan serius dalam menjalankan usaha yang akan mereka geluti. Kami membekali generasi muda agar berani, menampilkan produknya bukan hanya di Semarang namun bisa tembus pasar nasional," Kata Fajar Senin(15/12/2018).

Para generasi milenial mendapatkan dukungan penuh Pemkot Semarang agar mahasiswa menjadi wirausaha. Sebab wirausaha bisa menciptakan, lapangan kerja baru serta mengurangi angka pengangguran dikota ini.

Pemerintah kini sedang merubah pola pikir mahasiswa, agar tidak lagi menjadi pekerja namun bisa menjadi seorang wirausahawan yang tangguh asal Kota Semarang.

"Kami pemerintah kota memprioritaskan anak muda dalam upaya memajukan Kota Semarang, mereka akan difasilitasi dengan memberikan kios gratis, pada galeri UMKM Semarang agar produk jualan mereka dikenal masyarakat luas," tambahnya.

Hari Rabu nanti rencananya, para mahasiswa akan berada di galeri UMKM Semarang mulai menjajakan produk yang mereka buat.

Lebih lanjut Fajar berharap, agar generasi milenial (jaman now) dapat menjadi orang yang mandiri dalam berwirausaha,dan dapat memajukan perekonomian masyarakat Kota Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm pemkot semarang
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top