Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Semarang Kembangkan UMKM lewat Anak Muda

Perkembangan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Semarang terus tumbuh dengan cepat. Hal ini dibuktikan, dengan antusiasme dari kalangan mahasiswa yang memulai usahanya.
Ilustrasi perajin umkm/ANTARA-Agus Bebeng
Ilustrasi perajin umkm/ANTARA-Agus Bebeng

Kabar24.com, SEMARANG - Perkembangan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Semarang terus tumbuh dengan cepat. Hal ini dibuktikan, dengan antusiasme dari kalangan mahasiswa yang memulai usahanya.

Kebanyakan dari mahasiswa yang memulai usaha adalah jenis usaha ekonomi kreatif yang kini sedang menjadi trend terutama di Kota Semarang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, pemerintah mendukung penuh kepada masyarakat, khususnya anak muda yang ingin mengembangkan serta memulai usaha yang mereka geluti. Namun dia belum mengetahui jumlah pasti umkm yang ada di Kota Semarang, perkirakan berjumlah ribuan dan sebagian berasal dari anak muda.

"Pemkot Semarang terus melakukan edukasi terhadap mahasiswa, agar lebih mandiri dan serius dalam menjalankan usaha yang akan mereka geluti. Kami membekali generasi muda agar berani, menampilkan produknya bukan hanya di Semarang namun bisa tembus pasar nasional," Kata Fajar Senin(15/12/2018).

Para generasi milenial mendapatkan dukungan penuh Pemkot Semarang agar mahasiswa menjadi wirausaha. Sebab wirausaha bisa menciptakan, lapangan kerja baru serta mengurangi angka pengangguran dikota ini.

Pemerintah kini sedang merubah pola pikir mahasiswa, agar tidak lagi menjadi pekerja namun bisa menjadi seorang wirausahawan yang tangguh asal Kota Semarang.

"Kami pemerintah kota memprioritaskan anak muda dalam upaya memajukan Kota Semarang, mereka akan difasilitasi dengan memberikan kios gratis, pada galeri UMKM Semarang agar produk jualan mereka dikenal masyarakat luas," tambahnya.

Hari Rabu nanti rencananya, para mahasiswa akan berada di galeri UMKM Semarang mulai menjajakan produk yang mereka buat.

Lebih lanjut Fajar berharap, agar generasi milenial (jaman now) dapat menjadi orang yang mandiri dalam berwirausaha,dan dapat memajukan perekonomian masyarakat Kota Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper