651 Debitur BPD Bali Kena Dampak Langsung Gunung Agung

Bank Pembangunan Daerah atau BPD Bali menaksir total kredit yang berpotensi bermasalah karena terdampak langsung Gunung Agung mencapai Rp221 miliar dengan nasabah sebanyak 651 debitur.
Feri Kristianto | 21 Desember 2017 18:48 WIB
BPD Bali

Kabar24.com, DENPASAR—Bank Pembangunan Daerah atau BPD Bali menaksir total kredit yang berpotensi bermasalah karena terdampak langsung Gunung Agung mencapai Rp221 miliar dengan nasabah sebanyak 651 debitur.

Pelaksana tugas sementara direksi BPD Bali I Gde Sudibia mengatakan pihaknya sudah memberikan restrukturisasi kepada debitur yang terkena dampak erupsi gunung setinggi 3.142 mdpl tersebut.

“Kami berikan penundaan pembayaran pokok, perpanjangan jangka waktu kredit dan penurunan suku bunga kredit,” jelasnya, Kamis (21/12/2017).

Ditambahkan olehnya, selain terdampak langsung, BPD Bali juga mendata adanya potensi kredit bermasalah dari debitur yang terkena dampak tidak langsung erupsi. Termasuk lanjutnya, pegawai hotel maupun sektor lainnya yang berada di luar wilayah Karangasem seperti sektor pariwisata di Ubud dan Kabupaten Badung.

Jumlah debiturnya sebanyak 6.100 debitur dengan nilai kredit yang disalurkan mencapai Rp1,3 triliun. Sudibia mengaku juga sudah sampaikan ke OJK Bali untuk apabila dimungkinkan memberikan keringanan.

Dia menegaskan sudah menginventarisasi dan menyiapkan kebijakan yang tidak memberatkan nasabah. Saat ini untuk keputusan pemberian keringanan lebih lagi kepada debitur masih menunggu persetujuan komisaris BPD Bali.

Tag : bpd bali
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top