27 Hari Jelajahi Nusantara, Ekspedisi KRI Dewa Ruci Berakhir

Rute pelayaran sendiri dimulai dari Jakarta-Batam-Sabang-Belawan dan kembali ke Jakarta pada Kamis 14 Desember 2017.
Abdul Rahman | 18 Desember 2017 13:56 WIB
Sejumlah prajurit TNI AL melakukan latihan parade roll di atas KRI Dewaruci saat berlayar menuju Jakarta, di perairan Laut Jawa, Jawa Timur, Selasa (15/8). Pelayaran tersebut dalam rangka menyambut HUT ke-72 Kemerdekaan RI. Pada pelayaran tersebut akan dilakukan upacara di tengah laut pada 17 Agustus mendatang. ANTARA FOTO - Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA - Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) KRI Dewa Ruci yang diikuti oleh 68 pelajar dari 34 Provinsi se-Indonesia resmi berakhir.

Berakhirnya kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman itu ditandai dengan pelepasan seluruh peserta untuk pulang ke daerahnya masing-masing.

Safri Burhanudin, Deputi Bidang Koordinasi SDM IPTEK dan Budaya Maritim Kemenko Maritim mengatakan kegiatan yang baru pertama kali diadakan pada 2017 ini relatif sukses dalam pelaksanaannya, dan semangat para peserta masih sama tingginya, baik saat kepergian maupun kepulangannya.

“Kegiatan ini luar biasa, mereka pergi dan pulang dengan wajah yang masih bersemangat dan masih lengkap pesertanya, tidak terlihat satu pun wajah yang letih," katanya melalui siaran pers, Senin (18/12/2017).

Kegiatan ENJ KRI Dewaruci telah dimulai sejak fase pembekalan dan cek kesehatan para peserta pada 16 November hingga 19 November 2017. Pelayaran kemudian dimulai 20 November 2017 dan dilepas secara resmi oleh Menko Maritim Luhut Pandjaitan di Terminal JICT II, Tanjung Priok, Jakarta.

Selama berlayar dan bersandar para peserta mendapatkan banyak pelajaran, bimbingan dan praktik langsung mengenai berbagai dunia kemaritiman dari para Satgas KRI Dewa Ruci Kemenko Maritim dan dari anggota TNI AL.

Rute pelayaran sendiri dimulai dari Jakarta-Batam-Sabang-Belawan dan kembali ke Jakarta pada Kamis 14 Desember 2017.

Tag : dewaruci
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top