Ada 19 Gempa Susulan Pascagempa 6,9 SR

Badan Nasional Penanggunalan Bencana (BNPB) menyebutkan terjadi 19 gempa susulan setelah gempa besar 6,9 SK di pesisir selatan Pulau Jawa. Gempa susulan merupakan aktivitas alamiah untuk penyesuaian kembali lempeng bumi.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 16 Desember 2017  |  14:17 WIB
Ada 19 Gempa Susulan Pascagempa 6,9 SR
Pusat Gempa di Tasikmalaya - Doc. BMKG

Bisnis.com, JAKARTA—Badan Nasional Penanggunalan Bencana (BNPB) menyebutkan terjadi 19 gempa susulan setelah gempa besar 6,9 SR di pesisir selatan Pulau Jawa. Gempa susulan merupakan aktivitas alamiah untuk penyesuaian kembali lempeng bumi.

Supoto Purwo Nugroho, Kapusdatin Humas BNPB mengatakan gempa susulan umumnya merupakan gempa kecil karena lempengan bumi mencari keseimbangan baru setelah gempa besar.

"Dan biasanya gempa kecil dan tidak merusak, di bawah 5 SK. Yang tadi pagi ada gempa 5,4 SK itu sumbernya beda lagi, sebelah barat daya Garut," ujarnya di Jakarta, Sabtu (16/12/2017).

Supoto menuturkan gempa yang terjadi di sekitar wilayah Garut merupakan gempa yang sumbernya berbeda dengan yang terjadi pesisir selatan Jawa.

Gempa di daerah Garut, jelasnya, tidak menimbulkan dampak kerusakan sehingga baik di wilayah Garut atau Sukabumi.

"Kalau yang 6,9 SK itu di darat pusarnya, yang 5,4 SK itu di sekitar selatan Sukabumi atau barat daya Garut," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gempa

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup