Usaha Mikro Ritel Z-Mart Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengembangkan jaringan usaha mikro ritel Z-Mart untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Indonesia.
Nurudin Abdullah | 11 Desember 2017 22:53 WIB
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengembangkan jaringan usaha mikro ritel Z-Mart untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Indonesia.

Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat Purnomo B. Soetadi, mengatakan Z-Mart atau Zakat Mart merupakan salah satu program sosial yang bergerak dalam bidang pemberdayaan ekonomi itu merupakan gagasan Bank Muamalat dan Baznas.

“Program corporate social responsibility itu merupakan gagasan Bank Muamalat bersama dengan Baznas yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para mustahik (penerima zakat) binaan Baznas,” katanya, Senin (11/12/2017).

Menurutnya, tujuan dari program pendirian Z-Mart untuk meningkatkan kesejahteraan para mustahik binaan Baznas melalui renovasi tempat usaha, pemberian modal usaha, pelatihan, serta pedampingan mustahik.

“Pada tahun pertama pendirian Z-Mart tersbut, kami dari Bank Muamalat dan Baznas menargetkan bisa memberdayakan hingga 50 kepala keluarga,” ujarnya.

Dia menjelaskan Bank Muamalat menyalurkan dana Rp300 juta untuk program Z-Mart dengan target pengembangan skala usaha mustahik, baik dari sisi omzet maupun tata kelola usaha, yang berencana mengembangkan usaha, dan penerima manfaat dapat menjadi muzaki atas hasil usahanya.

Sementara itu Direktur Pendistribusian Baznas, Moch Nasir Tajang, mengatakan Baznas telah melakukan banyak program pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara material maupun spiritual.

“Alhamdulillah program yang berdampak positif tersebut diapresiasi banyak pihak, termasuk perusahaa-perusahaan sehingga mereka mempercayakan penyaluran CSR-nya bekerjasama dengan Baznas,” katanya.

Menurutnya, baru-baru ini Bank Muamalat dan Baznas meresmikan toko usaha ritel Z-Mart di daerah Stabat, Ibu Kota Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

Tag : ritel, zakat
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top