Hari Ini, Kahiyang Ayu - Bobby Jalani Kirab Budaya di Kota Medan

Resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution hari ini berlanjut dengan kirab budaya di Kota Medan, kota asal Bobby.
JIBI | 26 November 2017 08:47 WIB
Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu (depan, kedua kanan) bersama suaminya Bobby Afif Nasution saat mengikuti ritual adat "Mangalo-alo Mora" pada ngunduh mantu resepsi pernikahannya di Medan, Sumatra Utara, Jumat (24/11). - ANTARA/Septianda Perdana

Kabar24.com, MEDAN - Resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution hari ini berlanjut dengan kirab budaya di Kota Medan, kota asal Bobby.

Kahiyang Ayu – Bobby Nasution, hari ini, Minggu (26/11/2017) akan menjalani kirab dengan jarak sekitar 2 kilometer dari lokasi gedung hingga rumah orang tua Bobby.

Kirab berlangsung dari Medan International Convention Center (MICC) di Jalan Gagak Hitam hingga rumah orang tua Bobby di Komplek Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi (BHR Tasbi).

Simulasi kirab telah dilakukan pada Rabu, 22 November 2017, lalu. Lewat simulasi ini diketahui jarak yang akan ditempuh rombongan Kahiyang dan Bobby sepanjang 2.6 kilometer.

Prosesi kirab yang dikawal ratusan personel TNI dan Polri tersebut diawali dengan lima motor pembuka jalan yang dikendarai prajurit polisi militer.

Di belakangnya, ada dua pengawal berjalan kaki yang mengawal kereta kencana yang dinaiki Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution. Berturut-turut kereta kencana di belakangnya akan dinaiki keluarga kedua mempelai. Seluruhnya ada 7 kereta kencana.

Selain itu, menurut informasi yang diterima, kirab juga akan diramaikan oleh 18 andong dan 50 unit becak bermotor. Moda angkutan ini akan dinaiki relawan dan peserta lainnya. Ada juga kendaraan yang mengangkut alat musik tradisional, serta musik tradisional Mandailing Gordang Sambilan.

Kereta kencana yang dipakai berasal dari Solo, sedangkan andong didatangkan dari kawasan wisata Berastagi.

Khusus untuk pengendara becak, petugas akan melakukan tes kesehatan, izin mengemudi dan kelengkapan lainnya. "Kesehatannya sudah diperiksa, termasuk tes urine juga,” ujar Kapolda Sumatera Utara, Irjel Polisi Paulus Waterpauw.

Belum diketahui apakah rute yang dilalui akan persis sama dengan saat glai bersih, atau ada perubahan.

"Rute kirab sepanjang 2,6 km masih disempurnakan. Apakah nanti rute yang dilewati itu mutar lewat depan atau dari samping", ujar Pangdam I Bukit Barisan, Cucu Soemantri, yang juga memantau simulasi kirab pada Rabu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kahiyang ayu, Presiden Joko Widodo

Sumber : Tempo.co
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top