Awas! Januari, Puncak Ancaman Banjir & Longsor

Badan Nasional Penanggulangan Bencana memperkirakan puncak ancaman bencana banjir dan longsor akan terjadi pada Januari 2018.
Anggara Pernando | 20 November 2017 20:27 WIB
Petugas memeriksa jalan raya Popoh yang longsor di Besole, Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (17/10/2017). Tebing jalan menuju pelabuhan dan kawasan wisata di Teluk Popoh itu longsor tergerus air hujan sepanjang 20 meter dan lebar 1 meter. - Antara/Destyan Sujarwoko

Kabar24.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan puncak ancaman bencana banjir dan longsor terjadi pada Januari 2018. Prakiraan ini dikarenakan pada Januari menjadi puncak musim hujan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menuturkan di luar bencana banjir dan longsor, sejumlah bencana masih mengintai mulai dari gempa bumi, tsunami hingga erupsi gunung api.

“Pemda dan masyarakat diimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana. Kejadian curah hujan ekstrem makin meningkat saat ini,” kata Sutopo melalui aplikasi pesan teks pada Senin (20/11/2017).

Dia menjelaskan perubahan iklim global diperkirakan meningkatkan kejadian hujan ekstrem. Selain itu, kerusakan lingkungan, degradasi lahan, daerah aliran sungai kritis, dan banyaknya penduduk yang tinggal di daerah rawan bencana juga meningkatkan risiko bencana.

Beberapa wilayah yang masyarakatnya perlu meningkatkan lebih tinggi kewaspadaan yakni seperti di sepanjang pantai timur Sumatra, pantai utara Jawa, Kalimantan, dan lainnya.

Begitu pula masyarakat yang bermukim di daerah rawan longsor di perbukitan, pegunungan, atau tebing dan lereng hendaknya waspada dari ancaman longsor.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bencana, bnpb

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top