Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korupsi E-KTP : DPD Golkar Seluruh Indonesia Ditantang Berani Jujur Soal Novanto

Golkar dinilai dalam kondisi kritis dan diambang kehancuran jika tidak ada keberanian untuk berkata jujur dari para pimpinan daerah partai itu di seluruh Indonesia.
Ketua DPR Setya Novanto dibawa keluar dari mobil ambulance setibanya di RSCM Kencana, Jakarta Pusat, Jumat (17/11). Setya Novanto dibawa ke RSCM Kencana untuk tindakan medis lebih lanjut./ANTARA-Ubaidillah
Ketua DPR Setya Novanto dibawa keluar dari mobil ambulance setibanya di RSCM Kencana, Jakarta Pusat, Jumat (17/11). Setya Novanto dibawa ke RSCM Kencana untuk tindakan medis lebih lanjut./ANTARA-Ubaidillah

Kabar24.com, YOGYAKARTA - Golkar dinilai dalam kondisi kritis dan diambang kehancuran jika tidak ada keberanian untuk berkata jujur dari para pimpinan daerah partai itu di seluruh Indonesia.

Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar se-Indonesia diharapkan bersatu untuk menyelamatkan partai dari keterpurukan dan pembusukan, kata Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar Daerah Istimewa Yogyakarta Gandung Pardiman.

"Peranan DPD I Partai Golkar sangat menentukan hancur tidaknya partai berlambang pohon beringin itu ke depan," kata Gandung menanggapi status tersangka Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto pada kasus KTP elektronik, di Yogyakarta, Minggu (19/11/2017).

Menurut dia, kalau daerah salah langkah dalam bersikap, maka yang menjadi korban adalah Partai Golkar. Kader daerah harus berani berjuang untuk kepentingan partai, karena persepsi dan opini masyarakat terhadap Partai Golkar saat ini sangat buruk.

Oleh karena itu, kata dia, jika daerah tidak bersatu dalam satu tujuan menyelamatkan Partai Golkar, maka partai akan semakin terpuruk dan membusuk. Sejarah kelam akan tertulis bahwa Golkar hancur karena peran daerah tidak progresif dan tidak melihat ke depan.

"Sudah saatnya DPD I Partai Golkar se-Indonesia berani mengatakan yang salah adalah salah yang benar adalah benar dan mengatakan yang baik adalah baik, yang buruk adalah buruk," kata mantan Koordinator Ketua DPD I Partai Golkar se-Indonesia itu.

Ia mengatakan, langkah penyelamatan Partai Golkar harus digerakkan oleh daerah, dengan motto "Sepi ing Pamrih, Rame ing Gawe demi Golkar". Adanya usulan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar perlu dikaji bersama secara kritis.

"Jika Munaslub Partai Golkar memang menjadi obat mujarab, mari kita perjuangkan bersama dan daerah sebagai pelopornya," kata mantan Ketua DPD Partai Golkar DIY selama dua periode itu.

Berkaitan dengan hal itu, pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar diskusi yang mendatangkan tokoh-tokoh nasional Partai Golkar ke Yogyakarta membicarakan upaya penyelamatan partai untuk menghadapi Pemilu 2019.

Sementara itu, Wakil Ketua Pemenangan Pemilu DPD I Partai Golkar DIY Johanes Serang Keban menyarankan agar Setyo Novanto mengundurkan diri dari Ketua Umum Partai Golkar dan fokus menyelesaikan kasus hukumnya.

"Sebaiknya Setya Novanto dengan jiwa besar dan legawa mundur dari Ketua Umum Partai Golkar, sehingga beliau bisa berkonsentrasi penuh menghadapi kasusnya," kata politisi senior Partai Golkar DIY itu.

Menurut dia, perkembangan kasus Setya Novanto dari waktu ke waktu semakin ruwet dan opini politik tidak bisa dihindari oleh Golkar. Hal ini yang harus disadari oleh seluruh kader Partai Golkar.

"Kalau Setya Novanto mencintai Golkar, maka jalan terbaik adalah mengundurkan diri secara terhormat demi partai agar tidak semakin terpuruk," kata Johanes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper