Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astrocat Pertama di Dunia Akan Dibuatkan Patung

erkembangan tekonologi dan peradaban mengantarkan manusia pada babak demi babak eksplorasi atap bumi yang tak terkira luasnya.
Pesawat Ulang Alik Shenzhou-11 yang membawa astronot Jing Haipeng dan Chen Dong meluncur dari landasan luncur di Jiuquan, Senin (17/10/2016)./Reuters
Pesawat Ulang Alik Shenzhou-11 yang membawa astronot Jing Haipeng dan Chen Dong meluncur dari landasan luncur di Jiuquan, Senin (17/10/2016)./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pergi ke luar angkasa mungkin awalnya adalah hal yang tidak pernah terpikirkan bisa benar-benar dilakukan oleh manusia. Perkembangan tekonologi dan peradaban mengantarkan manusia pada babak demi babak eksplorasi atap bumi yang tak terkira luasnya.

Lama kelamaan, tak hanya manusia seperti Neil Armstrong yang bisa menjadi astronot, pergi ke luar angkasa, dan mendaratkan kakinya di bumi. Binatang-binatang peliharaan yang menggemaskan juga sudah ada beberapa yang menjadi astronot dan menyelami angkasa. Contohnya adalah Laika, seekor anjing pertama yang pernah berada di luar angkasa.

Sayangnya, perhatian terhadap kucing pertama di luar angkasa nyaris dilupakan, tak seperti bagaimana orang-orang mengenal Laika. Pionir astronot kucing yang pertama adalah Félicette. Kucing betina ini pergi ke luar angkasa 54 tahun lalu pada minggu ini. Dia diterbangkan ke sana dari Gurun Sahara oleh Centre National d’études Spatiales (CNES), semacam NASA versi Perancis.

Félicette menjalani penerbangan selama 12 menit yang membawanya sejauh 97 mil dari permukaan bumi. Dia sempat merasakan kondisi hampa udara selama lima menit. Kucing ini benar-benar menjadi pelaku sejarah dalam eskplorasi atas luar angkasa.

Sayangnya, setelah berhasil menuliskan namanya dalam sejarah, peneliti harus memberi euthanasia pada Félicette. Dia harus dengan sengaja dimatikan demi tujuan penelitian untuk melihat efek luar angkasa pada tubuh kucing tersebut, hanya beberapa bulan setelah dia kembali ke bumi. Setelah dirinya, belum ada kucing lain yang pernah pergi ke luar angkasa.

Hal yang paling menyedihkan dari kucing ini adalah setelah mati, dan mencatatkan sejarah atas namanya sendiri, kucing ini tidak mendapatkan penghargaan bahkan tidak dikenali dengan semestinya oleh masyarakat. Saking tidak terkenalnya, banyak orang yang mengira bahwa dia adalah kucing jantang dengan nama Felix.

Dikutip dari Huffington Post, saat ini ada gerakan yang sedang berusaha mengangkat kembali nama sang kucing legenda lewat penggalangan dana untuk membuatkannya sebuah patung memorial. Seorang Creative Director Anomaly London, Matthew Serge Guy, membuat kampanye di website kickstarter untuk menggalang dana sebesar $52.439 untuk pembuatan patung sang kucing di Paris nanti. Setelah satu hari diunggah, kampanye ini telah mendapatkan 20% dari total dana yang dibutuhkan.

"Sekitar 6 bulan lalu kami telah memikirkan ini, tentang seorang kucing dari 50 tahun lalu yang pertama kali pergi ke luar angkasa. Saya mencarinya di google dan semakin lama menyadari bahwa dirinya sekarang benar-benar dilupakan. Saya pikir harus ada sesuatu yang kita lakukan untuknya," tulis nya di kampanye di Kickstarter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Huffington Post

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper