Ahli Waris Wal-mart, Sempat Jadi Wanita Terkaya Di Dunia

Alice Walton (66), ahli waris perusahaan retail multinasional Amerika Serikat, Wal-mart, menempati posisi paling atas wanita terkaya sedunia untuk beberapa saat pada Kamis (21/9/2017).
Nirmala Aninda | 23 September 2017 19:28 WIB
Alice Walton - Youtube

Kabar24.com,  NEW YORK - Alice Walton (66), ahli waris perusahaan retail multinasional Amerika Serikat, Wal-mart, menempati posisi paling atas wanita terkaya sedunia untuk beberapa saat pada Kamis (21/9/2017).

Dikutip dari Business Insider, sepeninggalan Liliane Bettencourt, sang ahli waris perusahaan kosmetik L'oreal, pada hari yang sama, posisi Alice bergerak ke nomor satu untuk sementara waktu.

Pasalnya pada Jumat (22/9/2017) putri dari Liliane Bettencourt, Francoise Bettencourt-Meyers, menggantikan posisi mendiang Ibunya dengan nilai net yang melejit ke angka US$42,3 miliar.

Sebelumnya Liliane menempati posisi ke 15 sebagai orang terkaya di dunia sedangkan Alice berada pada posisi ke 19.

Alice sekarang adalah wanita terkaya kedua di dunia dan pertama di Amerika Serikat.

Alice adalah bagian dari keluarga terkaya di dunia dengan perkiraan kekayan bersih sebesar US$38,4 miliar.

Bersama dengan kedua kakaknya, Jim dan Rob, total keseluruhan kekayaan bersih keluarga Walton ada di angka US$101,5 miliar berkat porsi besar saham keluarga mereka di perusahaan retail raksasa, Wal-mart.

Berbeda dengan kedua kakaknya, Alice tidak pernah aktif berperan mengelola perusahaan retail yang dirintis oleh ayahnya, Sam Walton, sejak 1962.

Meski demikian dirinya tidak lepas dari kecaman karyawan Wal-mart yang bergaji rendah atas gaya hidupnya yang mewah dan dinilai tidak peka dan tidak peduli dengan nasib para pekerja.

Alih-alih menghabiskan waktu di Wal-mart, Alice memilih untuk menjadi pemerhati seni di usia muda.

Saat usia 10 tahun, Alice menabung uang sakunya untuk membeli karya seni reproduksi "Blue Nude" Picasso.

"Mengoleksi barang sangat menyenangkan dan menjadi bagian penting dalam hidup saya, dalam hal mengamati dan mencintai seni," ujarnya.

Pada 2011, Alice membuka Crystal Bridges Museum di Arkansas senilai US$50 juta untuk menampung seluruh koleksinya yang totalnya ditaksir mencapai US$500 juta.

Sebelum terjun ke dunia seni, Alice sempat meniti karir sebagai analis ekuitas dan bahkan mendirikan bank investasinya sendiri, Llama Company, pada 1988.

Perusahaan tersebut tutup sekitar 10 tahun kemudian tak lama setelah Alice ditangkap karena mengemudi di bawah pengaruh alkohol.

Sudah bercerai dua kali dan tanpa anak, Alice memberikan perhatiannya ke hal lain selain seni.

Dia memiliki peternakan, Rocking W Ranch di Texas, seluas 1.456 hektar dan saat ini dijual dengan harga hampir US$20 juta.

Tag : orang terkaya
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top