Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Korut Uji Coba Bom Hidrogen, Korsel Siapkan Senjata Nuklir

Militer Korea Selatan menggelar latihan peluncuran senjata nuklir sebagai balasan atas uji coba senjata nuklir yang keenam oleh Korea Utara. Pasar global spontan beraksi akibat perlombaan senjata yang mengakibatkan ketegangan antara Amerika Serikat dan Pyongyang tersebut.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 04 September 2017  |  09:47 WIB
Rudal Hwasong-10 Korea Utara. - Reuters
Rudal Hwasong-10 Korea Utara. - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Militer Korea Selatan menggelar latihan peluncuran senjata nuklir sebagai balasan atas uji coba senjata nuklir yang keenam oleh Korea Utara.

Pasar global spontan beraksi akibat perlombaan senjata yang mengakibatkan ketegangan antara Amerika Serikat dan Pyongyang tersebut.

Dewan Keamanan PBB dijadwalkan melakukan pertemuan membahas sejumlah sanksi baru atas Korut, sedangkan Presiden AS Donald Trump membahas segala opsi militer yang mungkin diambil, menurut kepala keamanan nasional negara tersebut sebagaimana dikutip Reuters, Senin (4/9/2017).

Angkatan bersenjata Korsel menggelar latihan militer dengan melibatkan peluru kendali balistik dan peluru kendali jarak jauh darat-udara, menurut kepala staf gabungan Korsel. Latihan pada hari ini baru dilaksanakan oleh Korsel, namun berikutnya akan melibatkan tentara AS, menurut pernyataan pemerintah.

Kemarin, Korut menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan uji coba bom hidrogen canggih dengan memadukannya dengan rudal jarak jauh. Kegiatan itu mendapat respons yang bersifat mengancam dari AS karena dinilai turut mengancam sekutunya.

“Setiap ancaman terhadap AS dan sekutu kami akan mendapat balasan militer yang dahsyat, sebuah balasan yang efektif dan massif,” ujar Menhan AS Jim Mattis di luar Gedung Putih bersama tim keamanan nasional.

“Kami tidak pandang sedahsyat apa kekuatan satu negara yang mengancam, kami memiliki banyak opsi untuk diambil,” ujar Mattis.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nuklir korea utara
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top