Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

CPNS Mahkamah Agung: Ini Panduan Mendaftar di https://sscn.bkn.go.id

Tahapan pendaftaran yang akan dilakukan secara online dan terpusat di portal resmi http://sscn.bkn.go.id tersebut, akan dimulai pada 1 Agustus hingga 26 Agustus 2017.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 29 Juli 2017  |  08:02 WIB
CPNS Mahkamah Agung: Ini Panduan Mendaftar di https://sscn.bkn.go.id
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA - Setelah melewati tahap sosialisasi atau pengumuman penerimaan dari 1 Juli hingga 31 Juli 2017, proses rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di dua lembaga yakni Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung (MA) segera memasuki tahap pendaftaran.

Tahapan pendaftaran yang akan dilakukan secara online dan terpusat di portal resmi https://sscn.bkn.go.id tersebut, akan dimulai pada 1 Agustus hingga 26 Agustus 2017.

Sebelumnya Public Relation Officer Badan Kepegawaian Negara, Diah Eka Palupi kepada Bisnis menegaskan pendaftaran online hanya bisa dilakukan di portal resmi, https://sscn.bkn.go.id.

Adapun portal-portal resmi yang selama ini ikut mengumumkan penerimaan CPNS di dua lembaga/kementerian tersebut, tidak melayani proses pendaftaran online. "Jadi kami tegaskan, pendaftaran online wajib dilakukan di portal https://sscn.bkn.go.id," katanya.

Berikut ini tata cara pendaftaran CPNS di lingkungan Mahkamah Agung:

a. Pelamar melakukan registrasi online melalui situs https://sscn.bkn.go.id mulai 1 Agustus 2017 dan ditutup pada hari Sabtu 26 Agustus 2017 dengan mengisi form yang telah disediakan menggunakan data kependudukan yang valid (harap mencatat dan menyimpan dengan baik user name dan password pada saat registrasi).

b. Metode Ujian Calon Hakim Tahun Anggaran 2017 akan menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT). Ujian CAT dilaksanakan di 30 (tiga puluh) lokasi, pelamar dapat memilih lokasi ujian terdekat.Adapun lokasi ujian Computer Assisted Test (CAT) dimaksud adalah sebagai berikut :

1. BKN Pusat di Jakarta
2. Kanreg BKN I Yogyakarta
3. Kanreg BKN II Surabaya
4. Kanreg BKN III Bandung
5. Kanreg BKN IV Makassar
6. Kanreg BKN VI Medan
7. Kanreg BKN VII Palembang
8. Kanreg BKN VIII Banjarmasin
9. Kanreg BKN IX Papua
10. Kanreg BKN X Denpasar
11. Kanreg BKN XI Manado
12. Kanreg BKN XII Pekanbaru
13. Kanreg BKN XIII Aceh
14. UPT BKN Padang
15. UPT BKN Jambi
16. UPT BKN Kendari
17. UPT BKN Mataram
18. UPT BKN Serang
19. UPT BKN Gorontalo
20. UPT BKN Semarang
21. PT/PTA Nusa Tenggara Timur
22. PT/PTA Kalimantan Timur
23. PT/PTA Kalimantan Barat
24. PT/PTA Kalimantan Tengah
25. PT/PTA Bangka Belitung
26. PT/PTA Maluku Utara
27. PT/PTA Sulawesi Tengah
28. PT/PTA Lampung
29. PT/PTA Maluku
30. PT/PTA Bengkulu

c. Setelah melakukan registrasi online dan mendapatkan Kartu Pendaftaran Registrasi Online, pelamar harus menyampaikan surat lamaran tertulis dengan melampirkan:

1) Dokumen (print out) Kartu Pendaftaran Registrasi Online
2) Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di atas materai Rp. 6.000, yang ditujukan kepada Sekretaris Mahkamah Agung RI. Tanggal surat lamaran disesuaikan dengan tanggal pada saat melakukan registrasi online pada SSCN BKN yaitu diantara tanggal 1 sampai dengan 26 Agustus 2017.
3) Fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku
4) Fotokopi ijazah dan transkrip nilai dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
5) Untuk Formasi Pelamar Umum dan Formasi Pelamar Papua dan Papua Barat, Surat Keterangan/bukti lain yang menunjukkan program studi pelamar terakreditasi minimal B/Sangat Baik, dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada saat ijazah tersebut dikeluarkan, jika akreditasi tidak tertulis di dalam ijazah, maka dibuktikan dengan surat keterangan dari Fakultas.
6) Untuk Formasi Pelamar Cumlaude, Surat Keterangan/Bukti lain yang menunjukkan Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta yang terakreditasi A/Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada saat ijazah tersebut dikeluarkan, jika akreditasi tidak tertulis di dalam ijazah, maka dibuktikan dengan surat keterangan dari Fakultas.
7) Pas foto terbaru ukuran 4 cm x 6 cm sebanyak 4 lembar (latar belakang warna merah), dengan menuliskan nomor registrasi online dan nama pelamar di belakang foto tersebut.Berkas-berkas tersebut dimasukkan ke dalam amplop warna coklat dan di sudut kanan atas ditempel potongan nomor pendaftaran registrasi online.

Selanjutnya dikirimkan kepada Panitia Seleksi Penerimaan Calon Hakim Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2017 melalui POS dengan PO BOX 2700 Jakarta 10027 paling lambat tanggal 26 Agustus 2017 Cap Pos dan selambat-lambatnya diterima tanggal 31 Agustus 2017.

d. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian melalui situs https://sscn.bkn.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendaftaran cpns
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top