Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PILKADA JABAR 2018: Dedi Mizwar Kalahkan Ridwan Kamil, Dalam Jajak Pendapat

Aktor Dedi Mizwar mengungguli Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam jajak pendapat terkait Pilkada Jawa Barat 2018 yang digelar Indoneisa Development Minitoring.nn
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 16 Juli 2017  |  16:55 WIB
Ridwan Kamil - Antara
Ridwan Kamil - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Aktor Dedi Mizwar mengungguli Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam jajak pendapat terkait Pilkada Jawa Barat 2018 yang digelar Indoneisa Development Minitoring.

Lembaga kajian itu melakukan jajak pendapat periode 28 Juni hingga 9 Juli 2017 mencakup 18 kabupaten dan 9 kota di Jawa Barat dan 1,410 responden untuk mengukur tingkat pengenalan maupun pengetahuan warga.

Hasilnya, Dedi Mizwar, Wakil Gubernur Jawa Barat saat ini, dianggap sebagai tokoh yang paling populer untuk calon Gubernur karena sudah dikenal oleh mayoritas peserta jajak pendapat.

“Dedi Mizwar memiliki tingkat akseptabilitas 89,2%, lalu 78,3% peserta jajak pendapat menilai dia memiliki kapabilitas memimpin,” ungkap Fahmi Hafel, Direktur Eksekutif Indonesian Development Monitoring, Minggu (16/7/2017).

Sementara itu, Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Bandung, tingkat penerimaannya cenderung stagnan pada titik 59,3% atau tidak jauh berbeda dari jajak pendapat sebelumnya dan 37,8% menilai dia memiliki kapabilitas sebagai Gubenur Jawa Barat

Hasil jajak pendapat itu juga menyajikan fakta menarik bahwa hanya 60,3% saja yang mengetahui akan adanya Pilkada Jawa Barat tahun depan.

Mayoritas responden juga mengatakan bahwa faktor-faktor primordial merupakan pertimbangan dominan untuk menentukan pilihan saat pelaksanaan pemilihan.

Adapun faktor-faktor tersebut meliput kesamaan agama 89,3% responden, kesamaan suku dan ras 45,8%, maupun kesamaan tempat tinggal dan bermukim 35,7%.

Survei ini menggunakan metode stratified multistage random sampling, dengan cakupan data dianalisis dari responden asli sebanyak 1.410 orang, dengan ukuran sampel 1.410 dan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ±2.61%, dan tingkat kepercayaan 95%.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih, dan input data menggunakan aplikasi android.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilkada jabar
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top