ARUS BALIK: Ini Sejumlah Jalur Alternatif Dari Yogyakarta

Libur Lebaran dan cuti bersama sebentar lagi akan usai. Para pemudik pun mulai bersiap kembali ke perantauan untuk menggali pundi-pundi.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 | 30 Juni 2017 17:55 WIB
Kendaraan antre keluar jalur Pantura di pintu keluar Brebes Timur, Jawa Tengah, Selasa (27/6). - Antara/Oky Lukmansyah

Bisnis.com, INDRAMAYU - Libur Lebaran dan cuti bersama sebentar lagi akan usai. Para pemudik pun mulai bersiap kembali ke perantauan untuk menggali pundi-pundi.

Bagi Anda yang akan kembali ke Jakarta dan sekitarnya dari Yogyakarta, ada beberapa alternatif jalan.

Pertama, dari Yogyakarta menuju Muntilan-Magelang-Secang-Ambarawa-Semarang-Kendal. Dari Kendal bisa melintasi jalan tol darurat yakni Gringsing-Brebes Timur lalu dilanjukan tol Brebes Timur hinggga Jakarta.

Namun, apabila Anda enggan menggunakan tol, bisa melintasi jalan nasional menyusuri utara Jawa yakni Kendal-Batang-Pekalongan-Pemalang-Tegal-Brebes-Cirebon-Palimanan-Jatibarang-Loh Bener-Losarang-Pamanukan-Simpang Jomin-Tol Cikampek-Jakarta.

Kedua, Yogyakarta bisa melintasi jalan lintas selafan yakni menuju ke Wates lalu ke Purworejo-Lundong-Kebumen-Kebasen. Dari Kebasen, Anda bisa tetap berada jalur lintas selatan yakni Kebasen-Banjar-Ciamis-Tjiawi-Nagrek-Cileunyi-Tol Purbaleunyi-Jakarta.

Atau, dari Kebasen bisa menuju ke atas melewati Gunung Slamet yakni Purwokerto-Slawi-Tegal. Dari Tegal terdapat dua pilihan bisa melintasi jalan tol yang pintu masuknya di Brebes Timur atau jalur Pantai Utara Jawa.

Selain itu, apabila Anda memiliki waktu perjalanan panjang bisa melintasi jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela). Tentu, di sepanjang jalur ini memiliki pantai yang indah yang bisa Anda kunjungi.

Adapun jalur tersebut yakni dari Yogyakarta menuju ke Bantul, lalu ke Srandakan. Dari Srandakan menuju ke Galur dan melintasi jalan Daendels yang tepat di Pantai Selatan Jawa. Jalan Daendels ini melintasi sejumlah daerah dari Glagah DIY-Purworejo-Kutoarjo-Kebumen-Kebasen-Cilacap. Dari Cilacap bisa naik ke atas menuju Lebeng-Banjar-Ciamis-Tjiawi-Nagrek-Cileunyi-Tol Purbaleunyi-Jakarta.

Dengan catatan, di jalur Daendels ini minim penerangan dan SPBU sehingga diimbau pemudik untuk memenuhi terlebih dahulu tangki bahan bakar.

Tim peliput: Agne Yasa, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, dan Yanita Petriella

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Arus Balik

Sumber : Tim Jelajah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top