ARUS BALIK: Penumpukan di Rest Area Sebabkan Kemacetan di Cipali

Kepadatan kendaraan yang memenuhi rest area menyebabkan kemacetan di ruas Tol Cipali.
MG Noviarizal Fernandez | 30 Juni 2017 11:16 WIB
Kendaraan antre di gerbang tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (29/6). Memasuki H4 Lebaran, arus balik dari Jawa Tengah menuju Jakarta masih terpantau padat dan puncak arus balik diprediksi terjadi pada H5 dan H6. - Antara/Dedhez Anggara

Bisnis.com, JAKARTA--Kepadatan kendaraan yang memenuhi rest area menyebabkan terjadinya kemacetan di ruas Tol Cipali.

Priatna Kusuma, Kepala Bidang Posko Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, mengatakan berdasarkan pantauan 24 jam terakhir, kepadatan memang terjadi di ruas tol tersebut akibat banyaknya kendaraan yang berhenti di rest area.

Rest area sudah penuh, tetapi masih saja ada mobil yang ingin masuk. Akibatnya, karena tidak bisa masuk, mobil-mobil itu menumpuk di tepi jalan pada rest area bahkan sampai memenuhi badan jalan,” kata Priatna Jumat (30/6/2017).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan pengelola tol serta menempatkan petugas di seputar rest area. Para petugas ini memberikan imbauan kepada pengendara agar tidak memaksakan diri dan menumpuk di tepi lokasi sehingga mengganggu arus perjalanan.

“Dari pemantauan CCTV di beberapa titik lain seperti di Nagreg malah lancar,” ucapnya.

Sebelumnya Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto mengatakan kemacetan lalu lintas pada jalur mudik akan terjadi pada kilometer 66 pertemuan antara Cipali dan Purbalenyi. Selain itu, kemacetan juga diperkirakan akan terjadi pada Nagreg yang memang menjadi titik rawan setiap tahun akibat penumpukan kendaraan.

Untuk mengantisipasi terjadinya arus kemacetan, petugas di lapangan telah bersiaga mengatur lalu lintas. Selain itu, petugas juga aktif memberikan informasi kepada pengguna jalan mengenai kondisi lalu lintas beserta jalur alternatif yang bisa dilewati jika terjadi kemacetan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
arus balik mudik

Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top