LEBARAN H1: Cianjur - Bandung Macet di Ciranjang dan Padalarang

Pengguna kendaraan roda empat dan roda dua di ruas jalan yang menghubungkan Cianjur-Bandung, Jawa Barat, pada H1 Lebaran 1438 Hijriah terjebak kemacetan panjang di Ciranjang dan Padalarang.
Martin Sihombing | 26 Juni 2017 01:27 WIB
Ilustrasi jalur mudik Cianjur-Bandung satu arah. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Pengguna kendaraan roda empat dan roda dua di ruas jalan yang menghubungkan Cianjur-Bandung, Jawa Barat, pada H1 Lebaran 1438 Hijriah terjebak kemacetan panjang di Ciranjang dan Padalarang.

Dari pantauan Antara, Minggu, Khususnya di Padalarang kemacetan mengular dari kawasan Citatah sampai pintu masuk tol Padalarang. Para pengguna roda empat harus ekstra hati-hati mengingat kondisi jalannya yang menanjak.

Setidaknya membutuhkan waktu sekitar tiga jam untuk melintasi Cianjur-Padalarang, padahal di hari biasanya sekitar 1 jam.

Penyebab kemacetan di Ciranjang tidak terlepas adanya perempatan yang dibarengi dengan meningkatnya volume kendaraan warga setempat yang hendak silaturahmi bercampur dengan pemudik. Petugas kepolisian terlihat berupaya mengatur lalu lintas namun kemacetan tetap tidak terelakkan.

Sedangkan untuk di Padalarang, penyebabnya adanya dua pertigaan, yakni, pertigaan yang menuju ke arah Purwakarta dan pertigaan sebelum pintu tol yang ke arah Cimahi.

Banyak pengguna kendaraan yang menyerah dengan kemacetan tersebut hingga memilih beristirahat di POM Bensin atau masjid yang ada di sepanjang jalan sambil menunggu jalan lancar kembali.

Sampai sekitar pukul 19.00 WIB, kemacetan di jalur tersebut masih berlangsung. Sedangkan jalur sebaliknya dari arah Padalarang ke Cianjur, padat namun kendaraan masih bisa berjalan.

"Saya lebih baik menunggu sampai lancar saja, macetnya luar biasa," kata salah seorang warga Cianjur yang hendak bersilaturahmi ke Kota Bandung, Wawan.

Diperkirakan kemacetan akan terus berlangsung di jalur tersebut selama libur Lebaran, mengingat di Padalarang terdapat objek wisata Situ Ciburuy yang dipastikan akan banyak dikunjungi wisatawan lokal.

Sehingga disarankan para pengguna kendaraan menggunakan jalur alternatif ketimbang terjebak kemacetan yang berjam-jam dengan kondisi medan tanjakan tajam.

Sumber : ANTARA

Tag : cianjur
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top