Toilet di Sepanjang Jalur Surabaya-Ketapang Bersih

Volume pemudik di jalur sepanjang Surabaya-Ketapang mungkin tidak sebanyak jalur Jakarta menuju Jawa.nn
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 | 23 Juni 2017 23:24 WIB
Sejumlah truk antre di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, yang akan berangkat menuju Pelabuhan Gilimanuk di Bali. - Antara/Budi Candra Setya

Bisnis.com, SITUBONDO - Volume pemudik di jalur sepanjang Surabaya-Ketapang mungkin tidak sebanyak jalur Jakarta menuju Jawa.

Bahkan, dalam urusan penyediaan tempat istirahat di daerah sepanjang Surabaya menuju Ketapang tidak sebaik jalur Jakarta menuju Jawa. Namun, meskipun demikian fasilitas toilet di jalur Surabaya-Ketapang justru bisa dikategorikan lebih baik.

Dari pengamatan Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran : Jelajah Jawa Bali 2017, kondisi toilet di pompa bensin di Pasuruan hingga Situbondo terjaga dengan baik kebersihannya.

Ketersediaan fasilitas ini pun terbilang tidak sedikit. Salah satu contoh lokasi toilet yang cukup banyak terdapat di Pompa Bensin Utama Raya di Situbondo, yakni mencapai 80 unit.

Sayangnya, pengelolaan toilet ini tidak seragam. Ada yang memungut bayaran hingga Rp2.000 untuk buang air kecil, tetapi ada pula yang menggratiskannya karena bagian dari pelayanan terhadap pemudik.

Tim peliput: Agne Yasa, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, Yanita Pertiella

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
penyeberangan ketapang

Sumber : TIM JELAJAH
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top