IBADAH HAJI: Menag Cek Kesiapan Pemondokan di Madinah

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengecek kesiapan hotel jemaah haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi.
Irene Agustine | 20 Juni 2017 00:54 WIB
Ibadah haji - Reuters/Ahmad Masood

Kabar24.com, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengecek kesiapan hotel jemaah haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi.

Dalam pengecekan, Lukman meminta petugas bidang pemondokan agar memperhatikan rasio kepadatan antara luas ruang kamar dengan jumlah jamaah setiap kamar.

"Penempatan jemaah di setiap kamar tidak boleh melebihi ketentuan tasrih yang ditetapkan Pemerintah Saudi sehingga kenyamanan jemaah terjaga," kata Lukman, dikutip dari laman Kementerian Agama, Senin (19/6/2017).

Dia melanjutkan, "Petugas pemondokan juga harus memastikan bahwa di setiap lantai tersedia dispenser untuk air minum jemaah."

Dalam kesempatan itu, Lukman meninjau  dua hotel yaitu hotel dengan jarak terdekat dan terjauh dari Masjid Nabawi.

Selain pemondokan, Lukman dan rombongan juga mengecek dapur penyedia katering jemaah haji Indonesia. Dapur yang dikunjungi ini kali adalah Bihar Haar yang baru dikontrak tahun ini untuk melayani konsumsi jemaah haji Indonesia di Madinah.

Lukmam dan rombongan kemudian mengakhiri pengecekan dengan mengunjungi Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

Adapun, Lukman dijadwalkan berada di Saudi sampai 22 Juni untuk mengecek kesiapan penyelenggaraan ibadah haji, baik di Madinah, Makkah, maupun di Arafah dan Mina.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ibadah Haji

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top