Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PENGUMUMAN HASIL SBMPTN 2017: Lulus atau Tidak? Begini Cara Mengetahuinya

Para peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 dipastikan tengah berharap-harap cemas hari ini. Pasalnya, pengumuman hasil SBMPTN 2017 akan Selasa (13/6/2017) mulai pukul 14.00 WIB.
Sutan Eries Adlin
Sutan Eries Adlin - Bisnis.com 13 Juni 2017  |  11:35 WIB
Peserta mengerjakan soal ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 di Universitas Negeri Jakarta, Selasa (16/5). Pengumuman hasil SBMPTN akan dirilis hari ini mulai pukul 14.00 di situs resmi PTN  - Antara/Hafidz Mubarak A
Peserta mengerjakan soal ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 di Universitas Negeri Jakarta, Selasa (16/5). Pengumuman hasil SBMPTN akan dirilis hari ini mulai pukul 14.00 di situs resmi PTN - Antara/Hafidz Mubarak A

Kabar24.com, JAKARTA – Para peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 dipastikan tengah berharap-harap cemas hari ini. Pasalnya, pengumuman hasil SBMPTN 2017 akan Selasa (13/6/2017) mulai pukul 14.00 WIB.

Berikut ini mekanisme untuk melihat pengumuman hasil SBMPTN 2017 secara online di beberapa situs resmi perguruan tinggi negeri (PTN):

1. Peserta diminta memasukkan nomor peserta dan tanggal lahir
2. Jika peserta diterima akan ditampilkan Nomor peserta, nama peserta, nama PTN diterima, nama prodi diterima, ucapan “ selamat atas keberhasilan anda”
3. Jika peserta tidak diterima akan ditampilkan nomor peserta, tanggal lahir peserta dan ucapan “ Mohon maaf, peserta atas nama…, dengan nomor peserta…dinyatakan Tidak Diterima pada SBMPTN 2017″.

Meski begitu, beberapa situs milik perguruan tinggi negeri (PTN) yang disebut akan memajang pengumuman hasil SBMPTN 2017 sejak pukul 14.00 WIB menjadi sulit diakses.

Seperti dilansir laman dan siaran pers Kementerian Pendidikan Tinggi, peserta dapat melihat pengumuman hasil SBMPTN 2017 secara online melalui laman http:/pengumuman.sbmptn.ac.id.

Selain itu, pengumuman hasil SBMPTN 2017 juga dapat dilihat di situs Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masing-masing atau bisa juga dilihat pada laman mirror di 12 PTN sebagai berikut:

1. http://sbmptn.ui.ac.id
2. http://sbmptn.itb.ac.id
3. http://sbmptn.undip.ac.id   
4. http://sbmptn.its.ac.id
5. http://sbmptn.ugm.ac.id
6. http://sbmptn.ipb.ac.id
7. http://sbmptn.unair.ac.id  
8. http://sbmptn.unand.ac.id
9. http://sbmptn.unsri.ac.id  
10. http://sbmptn.unhas.ac.id  
11. http://sbmptn.untan.ac.id  
12. http://sbmptn.unsyiah.ac.id  

“Sebanyak 148.066 peserta atau sekitar 14,36 persen dari 797.738 pendaftar SBMPTN 2017 dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa baru di 85 PTN,” ujar Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir pada jumpa pers tentang pengumuman hasil SBMPTN di Kemenristekdikti, Jakarta (12/6/2017).

Peserta SBMPTN yang belum lulus diharapkan untuk tetap semangat, karena masih ada tahapan ketiga penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri yakni Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri sebagai jalan untuk menempuh pendidikan di PTN.

Selain itu, putra putri Indonesia juga bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi swasta (PTS) yang diakui oleh pemerintah. Agar calon mahasiswa dapat memilih dan masuk perguruan tinggi yang diakui legalitasnya, diharapkan terlebih dahulu untuk melihat status perguruan tinggi di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) forlap.ristekdikti.go.id.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sbmptn
Editor : Sutan Eries Adlin
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top